Lima Tips Beri Kesan Baik Di Menit Pertama Wawancara | Qerja

Lima Tips Beri Kesan Baik Di Menit Pertama Wawancara

Steffi Teowira, 9 months ago
Lima Tips Beri Kesan Baik Di Menit Pertama Wawancara

Suka atau tidak, pendapat seseorang terhadap Anda kadang sudah dibentuk dalam menit-menit pertama mereka melihat dan berinteraksi dengan Anda. Lebih lagi, kesan pertama ini sering kali langsung melekat dan sulit dilupakan.

Faktanya, ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan akhir pewawancara. Selain kompetensi menjawab pertanyaan, kepribadian Anda dan kesan yang mereka tangkap juga masuk jadi pertimbangan. Bila Anda ingin unggul di tengah persaingan yang ketat, setiap detail kecil dari Anda tiba di perusahaan tentu menjadi penting, bukan?

Begitu Anda bertatap mata dengan pewawancara, Anda punya waktu beberapa menit untuk meninggalkan kesan pertama yang impresif bagi mereka. Ready? Go!

1. Tenang dan rapi saat menunggu

Jika Anda diminta untuk menunggu dulu, duduklah dengan postur tubuh yang baik di ruangan. Pastikan setiap benda yang Anda bawa terlipat rapi dan mudah dikumpulkan ketika Anda dipanggil untuk masuk ke ruangan. Ketika pewawancara memanggil Anda, Anda perlu tampak rapi dan tidak buru-buru beberes.

2. Postur tubuh dan etika yang tepat

Selain menjaga kontak mata dan tidak membungkuk, coba tiru gerak-gerik dan postur pewawancara. Ahli menyatakan bahwa pewawancara cenderung lebih simpatik pada kandidat yang dirasa punya kemiripan dengan mereka. Hal ini juga berarti Anda tidak langsung duduk atau menyentuh apapun kecuali dipersilahkan.

BACA JUGA: Menebak Hasil Wawancara Dari Bahasa Tubuh Interviewer 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next