Tiga Kiat Mengatur Keuangan Tanpa Pemasukan Tetap | Qerja

Tiga Kiat Mengatur Keuangan Tanpa Pemasukan Tetap

Qerja, 6 months ago
Tiga Kiat Mengatur Keuangan Tanpa Pemasukan Tetap

Bekerja freelance atau membuka usaha sendiri memang memberikan rasa kebebasan tersendiri yang tidak ditawarkan pekerjaan reguler. Walau begitu, kebebasan ini dibayar dengan stabilitas finansial. Tidak adanya slip gaji yang rutin membuat kebanyakan pekerja independen kadang kesulitan menyeimbangkan gaya hidup dan merencanakan masa depan.

Coba tips-tips di bawah ini jika saat ini Anda tidak punya pemasukan tetap namun ingin mengatur kondisi keuangan Anda dengan lebih baik. Beberapa tips ini juga relevan untuk pegawai reguler, kok!

1. Hindari pola pikir bulan tua, bulan muda

Di saat proyek atau pesanan banjir, mudah rasanya cepat puas dan muncul tendensi untuk ingin berfoya-foya. Tiba “kemarau” proyek, barulah mulai kembali berhemat. Hal ini memang tidak hanya terjadi pada pekerja lepas waktu, tapi juga pegawai pada umumnya. Jika Anda ingin kondisi finansial Anda senantiasa sehat dan stabil, stop menjalani gaya hidup yang ekstrim seperti ini.

Anda tentu boleh sesekali menikmati pengeluaran ekstra, namun jangan dikondisikan untuk kalap di bulan-bulan kaya dan kembali normal di bulan-bulan lainnya. Di saat Anda sedang berkelimpahan, tetap antisipasi periode ketika Anda akan kurang fleksibel secara finansial dan jadikan pengingat untuk membatasi diri.


Related Posts

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami


Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami