Tyas Handayani: Merangkul Pasien Kanker Anak Melalui Pita Kuning | Qerja

Tyas Handayani: Merangkul Pasien Kanker Anak Melalui Pita Kuning

Steffi Teowira, 4 months ago
Tyas Handayani: Merangkul Pasien Kanker Anak Melalui Pita Kuning

Menurut Tyas Handayani, Chairman dari Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, filantropi diawali dengan sebentuk niat. Jika ada niat, pasti ada jalan, baik itu untuk relawan yang ingin membantu atau bagi Pita Kuning untuk mengembangkan sayapnya ke kota-kota lain.

  

Telusuri perjalanan Yayasan Pita Kuning dan usaha Tyas Handayani beserta tim untuk meningkatkan standar hidup bagi penderita kanker anak dari keluarga prasejahtera di Indonesia.

Bisa diceritakan sedikit tentang Yayasan Pita Kuning?

Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia adalah suatu yayasan filantropis yang membantu anak Indonesia dengan kanker dari keluarga prasejahtera. Menyadari adanya kebutuhan yang perlu diisi dalam kebutuhan anak dengan kanker kini, Pita Kuning ingin mengambil bagian dalam Perawatan Paliatif dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup anak sakit kanker dan keluarganya.

Dalam memenuhi kebutuhan perawatan paliatif sejak awal diagnosa, Pita Kuning memberikan rangkaian program layanan psikososial yang meliputi 2 bagian besar.

Layanan Pendampingan untuk menunjang Perawatan Paliatif, berdasarkan pemantauan terhadap Anak Pita Kuning terkait kondisi klinis, fisik, psikis dan ekonomi keluarganya. Saat ini, kami memiliki 140-an relawan yang setiap minggunya mendatangi tempat dimana anak dengan kanker dan keluarganya berada, baik di rumah, di rumah sakit atau di rumah singgah secara berkelompok. Kami berusaha memperbaiki dampak psikologis dan sosial anak. Jadi, tidak hanya mengunjungi untuk mengajak bermain, tapi juga merancang bantuan sesuai kebutuhan asuhan paliatif anak dengan kanker.

tyas handayani pita kuning

Kedua, kami memberikan layanan penyaluran dana bantuan. Segala kebutuhan dalam memenuhi proses pengobatan atau perawatan yang belum ditanggung BPJS, seperti PET Scan, kebutuhan oksigen per bulan, biaya transportasi pulang pergi ke rumah sakit hingga kebutuhan sehari-hari habis pakai per bulan kami usahakan dapat terpenuhi dalam memenuhi kenyamanan anak dengan kanker maupun keluarga dan lingkungan terdekat.

Selain itu, dalam perbaikan dampak psikologis dan sosial, kami pun dapat berusaha menjadi mediator antara orangtua dan pihak sekolah apabila kebutuhan anak untuk kembali sekolah menjadi salah satunya.

Para relawan yang Mbak sebutkan ini mendaftarkan diri melalui metode apa?

Kami banyak sekali dibantu oleh sosial media. Kami sangat memanfaatkan metode digital, salah satunya Indorelawan. Melalui Indorelawan, banyak sekali terbantu karena kebutuhan supporting lainnya seperti sosial media, design dan fotografi sudah terbagi ketegorinya dan program pilihannya.

Di Pita Kuning, kegiatan kerelawanan juga tidak hanya terbatas pada program relawan pendampingan, berhubung dalam kegiatan pendampingan khusus bagi anak kanker untuk perawatan paliatif tentu memiliki syarat dan latar belakang tertentu.

Terus terang, saya sangat kagum, karena mereka tujuannya memang membantu dan selalu memantau kegiatan selanjutnya. Mereka sangat mengerti bahwa dalam membantu orang bisa berbagai macam cara. Bahwa membantu orang lain yang membutuhkan itu tidak susah, hanya perlu mulai dengan niat. Jika ada niat, pasti ada jalan.

Sekarang ada berapa anak yang berada di bawah naungan Yayasan Pita Kuning?

Saat ini ada 41 anak di seluruh Jabodetabek. Awalnya, kami hanya beroperasi di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Oktober tahun lalu, kami mulai menyebar bantuan ke Jabodetabek. Anak-anak kami ada yang di rumah, ada juga yang di rumah sakit dan rumah singgah.

Apakah biaya perawatan anak ditanggung seluruhnya oleh Pita Kuning?

Kami berusaha membantu semaksimal mungkin di sisi psikososial. Sebetulnya paliatif itu adalah perawatan menyeluruh, secara holistik dan melalui multidisiplin. Dalam hal ini kami tidak bisa sendirian. Kami pun bekerja sama dengan yayasan yang memberi bantuan paliatif dari sisi lainnya misalnya medis, sementara kita fokus di sisi psikososial, yaitu kebutuhan-kebutuhan yang berhubungan dengan dampak psikologis atau sosial.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami