Bagaimana Menjawab “Apa Kelebihan Anda” Saat Wawancara | Qerja

Bagaimana Menjawab “Apa Kelebihan Anda” Saat Wawancara

Qerja, 9 months ago
Bagaimana Menjawab “Apa Kelebihan Anda” Saat Wawancara

Bagi kebanyakan orang, menjawab “Apa kelemahan Anda?”, sepertinya terasa lebih sulit daripada “Apa kelebihan Anda?”. Padahal sebetulnya jika tidak dipersiapkan dengan baik, pertanyaan mengenai kelebihan Anda tidak sesimpel itu. Kurang rasa percaya diri, kurang mengenal diri sendiri, dan arogansi bisa membuat Anda tersandung saat menjawab.

  

Kelebihan yang dimaksud di sini cenderung bersifat non-teknis, seperti manajemen waktu yang baik, kemampuan komunikasi, dan lainnya. Tidak yakin apa kelebihan Anda? Kadang kala memang sulit untuk menjadi objektif dengan diri sendiri. Kalau sudah begitu, coba minta pendapat kolega dan teman. 

Pertanyaan ini kadang juga muncul dalam bentuk lain, seperti “Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?”. Dengan sedikit persiapan, Anda pasti bisa memberi jawaban yang membuat pewawancara mengangguk puas.

1. Pilih sesuai kebutuhan
Daripada menjabarkan sederet sifat positif Anda, pilih satu atau dua yang Anda rasa benar-benar akan meningkatkan peluang Anda dipekerjakan. Untuk ini, Anda perlu meneliti job description yang tertera di lamaran. Misalnya posisi yang Anda lamar ini mengharuskan Anda untuk banyak berinteraksi dengan klien, jadi katakan kalau kekuatan Anda ada di segi komunikasi, fleksibilitas, dan kreativitas.

Alternatif lain, posisikan jawaban tentang kelebihan Anda agar selaras dengan budaya perusahaan. Ini tentu membutuhkan pemahaman Anda terhadap perusahaan tersebut dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi di sana. Anda bisa mencari tahu dengan mengikuti pemberitaan di media massa atau ulasan-ulasan di qerja.com.

2. Jangan sombong
Anda tentu ingin membuat pewawancara kagum, tapi hati-hati jangan sampai memberi kesan sombong. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami