Berdekatan Dengan Ponsel Buat Otak Bekerja Lebih Lamban | Qerja

Berdekatan Dengan Ponsel Buat Otak Bekerja Lebih Lamban

Steffi Teowira, 3 months ago
Berdekatan Dengan Ponsel Buat Otak Bekerja Lebih Lamban

Pernahkah Anda menghitung berapa jam yang Anda habiskan di menatap ponsel Anda dalam satu hari? Anda mungkin tidak merasa kecanduan smartphone; kalau disentuh seharian juga tidak apa-apa. Namun ternyata Anda tidak perlu memainkan atau menyentuhnya untuk terkena efek dari keberadaan ponsel di ruangan.

  

Tidak dekat dengan ponsel, hasil kerja lebih oke?

Sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini menemukan bahwa smartphone bisa menurunkan tingkat efisiensi kerja otak, meski tidak sedang digunakan secara aktif atau tidak sedang dipikirkan.

Dalam studi tersebut, para periset melibatkan lebih dari 500 mahasiswa dalam dua tes untuk mengukur memori dan fokus mereka. Pertama-tama, sebagian partisipan diminta untuk mengubah pengaturan ponsel menjadi silent dan disimpan di tas atau diletakkan di meja. Partisipan lain diminta meninggalkan ponsel di luar ruangan.

Selanjutnya, partisipan juga diminta menyimpan smartphone atau meninggalkannya di luar. Bedanya, kini sebagian diminta untuk mematikan ponsel mereka.

Hasilnya, mereka yang meninggalkan ponsel di luar mendapat nilai tes sedikit lebih tinggi dan ketika diwawancara, mereka juga menganggap tes lebih mudah dibanding partisipan lain. Meski begitu, mereka tidak mengaitkannya dengan keberadaan ponsel.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami