Tidak Cocok Dengan Rekan Tim, Harus Bagaimana? | Qerja

Tidak Cocok Dengan Rekan Tim, Harus Bagaimana?

Steffi Teowira, 3 months ago
Tidak Cocok Dengan Rekan Tim, Harus Bagaimana?

Mampu sukses bekerja dalam tim adalah salah satu syarat untuk memajukan karier. Kemampuan bekerja sama ini dianggap sebagai pertanda kalau Anda memiliki kapabilitas untuk berkolaborasi dengan siapa saja, di bawah kondisi apa saja untuk mencapai tujuan yang sama.

  

Meski begitu, Anda mungkin sudah tahu kalau bekerja dalam tim tidak mudah, terutama karena setiap individu punya karakter dan motif masing-masing. Gesekan-gesekan itu normal, tapi bagaimana jika Anda sedikit-sedikit bentrok hingga Anda merasa tidak tahan satu tim dengan salah satu atau beberapa rekan tim?

Efeknya pun tidak hanya terasa pada Anda dan si rekan tersebut, tapi juga seluruh tim karena berisiko menciptakan suasana tak nyaman dan merusak fokus. Apa yang harus dilakukan?

1. Pertimbangkan bias diri

Pertama-tama, pikirkan kembali, mengapa Anda merasa tidak cocok dengan rekan ini? Mungkinkah alasannya lebih personal dibanding sekedar bentrok profesional? Jika tak lebih dari sekedar bias pribadi yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan materi kerja, coba lebih berlapang dada dan pinggirkan ketidaksukaan ini selama Anda bekerja dengannya.

2. Bicara empat mata

Bila benar-benar tidak sreg, coba ajak rekan tersebut bicara empat mata. Anda tidak harus langsung to the point bicara soal perkara konflik; bisa juga Anda ajak minum kopi atau makan siang agar bisa saling kenal lebih dekat. Kadang kala, berbincang di situasi berbeda akan menampilkan sisi diri yang berbeda pula. Bisa jadi, konflik selama ini hanya soal perbedaan gaya kerja dan miskomunikasi, atau bahkan masalah pribadi.

Setelahnya, Anda bisa berdiskusi soal bekerja dalam tim dan soal konflik yang mungkin dirasakan oleh kedua belah pihak. Sampaikan preferensi kerja dan harapan Anda, dan tanyakan juga apa gaya kerja mereka dan apa yang ingin mereka capai. Dengan komunikasi terbuka, diharapkan miskomunikasi dan bentrok bisa diminimalisir.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami