Pertanyaan Wawancara Kerja untuk Mengukur Kecerdasan Emosional | Qerja

Pertanyaan Wawancara Kerja untuk Mengukur Kecerdasan Emosional

Eka Utami, 3 months ago
Pertanyaan Wawancara Kerja untuk Mengukur Kecerdasan Emosional

Organisasi mengutamakan calon pegawai dengan kecerdasan emosional yang tinggi. Kecerdasan emosional melibatkan kesadaran, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Perusahaan ingin kandidat pekerja memiliki kualitas ini. Sehingga mereka dapat karyawan yang bisa bekerja dengan baik dengan orang lain dan kelak menjadi manajer yang memimpin perubahan secara efektif.

  

Sementara itu, sebagian calon pegawai cerdas sudah mengantisipasi kondisi ini. Mereka mencoba tampil dengan kecerdasan emosi sebaik mungkin. Jadi, jika Anda adalah seorang manajer perekrutan, maka harus mencari cara untuk bisa membuat kandidat pekerja menunjukan “sifat aslinya”. Berikut beberapa pertanyaan wawancara kerja terkait kecerdasan emosional yang bisa menjadi inspirasi manajer perekrutan dalam menyusun pertanyaan seperti disarikan dari Fast Company.

Hal apa yang paling membuat Anda merasa terganggu dari orang lain?

Alih-alih bertanya langsung, Anda bisa membuka kata dengan menceritakan sebuah anekdot singkat tentang anggota keluarga atau kolega yang mengganggu. Lalu tanyakan apakah ada orang yang benar-benar mengganggu kandidat pegawai di pekerjaan sebelumnya. Lalu, gali lagi tentang bagaimana cara mereka menangani hal itu.

Para calon yang cerdas akan berfokus pada solusi –seperti bagaimana mereka memerbaiki hubungan itu-. Tapi, sebagai pewawancara, Anda bisa tahu bagaimana cara kandidat memandang orang lain. Anda mungkin juga akan belajar sesuatu tentang efek perilaku calon pegawai terhadap orang lain.

Ceritakan hari di mana segala sesuatunya menjadi salah

Jangan hanya meminta mereka untuk menggambarkan hari yang buruk. Anda juga perlu menanyakan tentang bagaimana cara menyelesaikannya. Apakah mereka terpaku pada masalah? Apakah mereka menyalahkan orang lain? Ataukah mereka bersungguh-sungguh mencari solusi? Anda ingin mempekerjakan seseorang yang memiliki fleksibilitas untuk menghadapi situasi yang tidak pasti dan tidak dapat diprediksi. Inilah ciri calon pegawai dengan kecerdasan emosi.

Ceritakan tentang rekan kerja yang cocok dengan Anda

Hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain dapat menjelaskan banyak hal. Untuk itu, Anda harus mencari tahu bagaimana kandidat  melihat diri sendiri, dan melihat seberapa besar nilai mereka untuk orang lain. Pewawancara akan mendapat gambaran tentang self-awareness seorang kandidat pegawai. Jika calon peawai menyelipkan humor dalam ceritanya, maka itu pertanda baik.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami