Tips Menulis CV Jika Tidak Punya Pengalaman Kerja Relevan | Qerja

Tips Menulis CV Jika Tidak Punya Pengalaman Kerja Relevan

Eka Utami, 3 months ago
Tips Menulis CV Jika Tidak Punya Pengalaman Kerja Relevan

Akhirnya, perusahaan impian Anda membuka lowongan. Kebetulan, posisi yang diminta sesuai dengan keinginan Anda: Itu adalah pekerjaan yang Anda idam-idamkan! Anda tidak sabar untuk segera mengirimkan lamaran. Masalah datang ketika hendak menulis curriculum vitae, karena Anda baru teringat kalau tidak punya pengalaman kerja yang relevan.

  

Sebenarnya, Anda sudah pernah bekerja. Hanya saja, pekerjaan yang dijalani tidak ada hubungannya dengan bidang ilmu yang digeluti atau posisi yang akan dilamar. Anda tidak mau dianggap sebagai “kutu loncat” yang suka melompat pekerjaan dan berpindah karier. Alasan Anda melakukan pekerjaan lain selama ini adalah karena belum mendapatkan akses dan kesempatan menggeluti pekerjaan impian, sementara Anda tetap perlu mendapatkan penghasilan. Jadi, apa yang harus Anda tuliskan di CV? Berikut tips menulis CV buat Anda yang tidak punya pengalaman kerja yang relevan seperti disarikan dari The Muse.

Keterampilan yang relevan

Kebanyakan orang menulis CV dengan menebalkan bagian pengalaman kerja yang dibanggakan. Mereka pernah mengerjakan proyek serupa yang menjadi tantangan di perusahaan yang dilamar. Bahkan mereka mungkin pernah ikut pelatihan di perusahaan sebelumnya yang terkait dengan pekerjaan yang ditawarkan. Mereka tinggal membuka gudang pengalaman kerja yang relevan di CV. Tapi, bagaimana kalau Anda tidak punya pengalaman itu?

Anda mungkin tidak punya pengalaman terkait pekerjaan yang dilamar. Tapi, Anda pasti punya keterampilan dasar untuk mendukung pekerjaan itu. Itulah  alasan mengapa ingin melamar di perusahaan tersebut.

Misalnya, pekerjaan idaman Anda adalah terkait tulis-menulis. Tapi, selama ini, Anda terjebak bekerja di bagian administrasi atau customer service. Hal itu tidak masalah. Coba ingat, mungkin Anda pernah mengerjakan proyek menulis waktu kuliah dulu. Apakah Anda menjadi penulis untuk koran kampus? Apakah Anda menulis blog yang dibaca banyak orang? Jika ya, tulislah semua keterampilan yang terkait dengan posisi lowong yang ditawarkan. Atau mungkin Anda bisa menuliskan hobi menulis pada biodata pribadi.

Proyek sampingan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami