Tujuh Kesalahan Yang Sering Terjadi di Pekerjaan Pertama Anda | Qerja

Tujuh Kesalahan Yang Sering Terjadi di Pekerjaan Pertama Anda

Steffi Teowira, 1 month ago
Tujuh Kesalahan Yang Sering Terjadi di Pekerjaan Pertama Anda

Pekerjaan pertama berjuta rasanya, dari gugup, bahagia, semangat, hingga takut. Takut? Ya, takut melakukan kesalahan fatal yang bisa berefek sepanjang periode bekerja di perusahaan tersebut, bahkan sepanjang karier.

  

Sejumlah kesalahan yang dilakukan fresh graduate dan pegawai di hari pertama ini bisa dihindari, tapi tetap saja sering dilakukan. Jangan ikut jatuh ke “perangkap” dan cermati apa yang perlu Anda hindari di hari pertama.

1. Tidak (berani) bertanya

Anda mungkin diam-diam saja karena takut dianggap tidak kompeten. Padahal, studi menemukan bahwa orang cerdas justru lebih sering bertanya dan meminta informasi ketika mereka tidak mengetahuinya.

2. Pura-pura tahu atau sok tahu

Menyatakan kalau Anda tahu sesuatu, padahal tidak, hanya untuk membuat atasan terkesan bisa menjadi bumerang yang menyerang kredibilitas Anda. Seperti yang disebut di atas, jangan ragu untuk bertanya dan mengakui kalau ada yang tidak Anda ketahui.

3. Pura-pura tidak tahu

Kebalikan dari yang atas, tidak sedikit pegawai baru yang pura-pura tidak tahu jika ditanya untuk menghindari dibebani tugas dan tanggung jawab. Tipe-tipe ini biasa lebih senang makan gaji buta. Meski Anda ingin pekerjaan yang santai, di jangka panjang, karier Anda akan sulit berkembang.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami