Lima Tokoh Sukses Yang Pernah Drop Out dan Kembali Kuliah | Qerja

Lima Tokoh Sukses Yang Pernah Drop Out dan Kembali Kuliah

Steffi Teowira, 2 months ago
Lima Tokoh Sukses Yang Pernah Drop Out dan Kembali Kuliah

Dunia profesional tidak kekurangan tokoh sukses yang drop out dari universitas; Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Jobs adalah beberapa contoh yang paling sering disebut dan pilihan hidup mereka ini kerap ditiru oleh mahasiswa-mahasiswa yang mengidolakan sosok-sosok tersebut.

  

Meski begitu, konsep drop out untuk mengejar kesuksesan di dunia entrepreneurship menuai kontroversi dan faedahnya dipertanyakanbahkan disebut mitos.

Di tengah-tengah ramainya sorotan terhadap sosok sukses yang drop out dari kuliah, beberapa pesohor ini cukup unik karena mereka kembali lagi untuk menyelesaikan pendidikan yang tertunda. Simak kisah singkat mereka yang disadur dari berbagai sumber.

1. Stephen Spielberg

spielberg
Sumber: The Verge

Steven Spielberg drop out dari jurusan perfilman California State University di tahun 1968 untuk membuat film pendek berjudul Amblin. Film inilah yang menghantarkannya menjadi sutradara termuda yang mendapat kontrak kerja jangka panjang dari studio film besar.

Sukses menyutradarai film-film ikonik tidak lantas membuatnya puas begitu saja, Di tahun 2002, ia kembali ke universitas yang ditinggalkannya dulu dan menyelesaikan studi melalui berbagai proyek dan program independen.

2. Carly Fiorina

carly fiorina
Sumber: The Onion

Wanita pertama yang menjadi CEO perusahaan Fortune 20 ini keluar dari program kuliah hukum di UCLA pada tahun 1976. Setelahnya, ia bekerja sebagai resepsionis, guru, dan sekretaris selama beberapa tahun, sebelum memasuki dunia IT sebagai Sales Rep di AT&T. Dari sana, ia terus mendaki jenjang karier hingga menduduki posisi pemimpin di HP.

Di tengah-tengah berbagai profesi yang ia dalami, ia berhasil meraih MBA di tahun 1980 dan kemudian MS di tahun 1986.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami