Tips Mengatasi Ngantuk Siang Hari di Bulan Ramadan | Qerja

Tips Mengatasi Ngantuk Siang Hari di Bulan Ramadan

Qerja, 2 years ago
Tips Mengatasi Ngantuk Siang Hari di Bulan Ramadan

Marhaban ya Ramadan! Anda bersiap-siap kembali terjun ke pekerjaan sambil menjalankan ibadah puasa, tapi malah menguap tanpa henti dan mendadak ngantuk, padahal masih siang. Jangan khawatir, dorongan kuat untuk tidur (mungkin) bukan karena Anda malas, tapi memang bersifat biologis, yaitu ritme sirkadian (circadian rhythm), sebuah proses fisiologis yang mengatur aktivitas bangun-tidur.

  

Ritme sirkadian secara alami akan berada di titik rendah sekitar jam makan siang yang mengakibatkan Anda jauh lebih mudah mengantuk saat siang tiba. Tidak hanya itu, tingkat energi Anda juga dipengaruhi faktor seperti makanan yang Anda konsumsi, beban kerja, dan lain-lain. Apalagi, Anda harus bangun dini hari untuk makan sahur.

Simak tips kami untuk menghindari kantuk yang menyerang siang hari pada bulan puasa.

1. Lakukan sedikit olahraga kecil
Aktivitas fisik ringan seperti stretching dan jalan-jalan pun dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otot sehingga Anda merasa lebih enerjik. Saat istirahan siang, jangan duduk-duduk saja. Ayo segera bergerak sebelum rasa kantuk datang menghampiri!

2. Minum air secukupnya

Iklan minuman yang sering Anda lihat di TV tidak berbohong: dehidrasi memang dapat menyebabkan rasa lemas dan mempengaruhi berkonsentrasi. Konsumsi air putih 8 gelas sehari agak kurang tepat jika dijadikan standar universal, namun Anda boleh menggunakannya sebagai panduan agar tubuh Anda cukup mendapat asupan cairan. Apalagi saat bulan puasa. Pastikan Anda minum banyak air putih, terutama sebelum waktu imsak tiba.

3. Sedikit tidur siang tidak apa-apa
Riset membuktikan kalau tidur siang singkat selama 10-20 menit membantu otak Anda melepas beban dan meningkatkan produktivitas. Plus, Anda akan merasa lebih segar dan recharged setelahnya. Jangan lupa memasang alarm, ya.

4. Dengarkan musik sambil bekerja

Selain menjaga agar Anda tidak terkantuk-kantuk, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Bagi beberapa individu, musik bahkan dapat menstimulasi kreativitas dan membantu mereka berkonsentrasi. Sebelum meraih headphone Anda, pastikan tempat kerja Anda mengizinkan pegawainya untuk mendengarkan musik sambil bekerja.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami