Jangan Lupa Bahagia: Enam Tips Mudah Sayangi Diri di Tempat Kerja | Qerja

Jangan Lupa Bahagia: Enam Tips Mudah Sayangi Diri di Tempat Kerja

Steffi Teowira, 1 month ago
Jangan Lupa Bahagia: Enam Tips Mudah Sayangi Diri di Tempat Kerja

Bahagia dan bekerja biasanya bukan dua kata yang dipasangkan bersama. Asumsi umumnya adalah jika Anda sedang melakukan yang satu, tidak mungkin Anda sedang melakukan yang lain. Kesibukan kerja dan komplikasinya sering mengorbankan kesehatan fisik dan mental. Beberapa individu berusaha memperbaikinya di akhir pekan, namun ternyata, ada cara-cara kecil yang bisa Anda lakukan untuk merawat diri sepanjang hari kerja.

  

Jadikan panduan ini sebagai sumber inspirasi dan pengingat untuk menyayangi diri sendiri di tempat kerja.

1. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Konon katanya diri sendiri adalah kritikus yang paling keras. Tendensi untuk menjadi perfeksionis bisa membuat Anda lama-lama tertekan karena tidak ada habis-habisnya mengejar target yang terus bertambah dan kurang percaya diri.

Ketika Anda mulai meragukan kemampuan diri, coba pikirkan apa yang akan Anda katakan pada teman baik jika mereka berada di situasi Anda saat ini. Objektivitas ketika “menasehati” diri ini akan membantu Anda untuk lebih toleran dan lebih memahami kalau tidak ada yang sempurna dan tidak ada yang instan.

2. Fokus pada perawatan tubuh

Jangan salah kaprah. Perawatan tubuh di sini bisa dilakukan dengan langkah sesederhana makan makanan yang sehat, tidak sering lembur, dan melakukan aktivitas fisik ringan di hari kerja, semisal berjalan-jalan saat istirahat. Tujuannya adalah agar fisik dan mental terasa lebih segar.

Ketika Anda melupakan perawatan tubuh mendasar ini, imbasnya langsung terasa  di produktivitas, tapi juga suasana hati dan kenyamanan beraktivitas.

3. Merayakan pencapaian

Pernahkah Anda berhenti sejenak untuk menikmati keberhasilan dan kesuksesan yang Anda capai? Di tengah ritme kerja yang begitu cepat, keberhasilan melewati suatu tantangan atau menyelesaikan proyek sering kali dilewatkan atau diabaikan, seakan Anda hanya robot yang berhasil melakukan sesuatu, lalu move on ke tantangan selanjutnya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami