Sulit Mendapat Pekerjaannya? Mungkin Kesalahan Anda Sendiri | Qerja

Sulit Mendapat Pekerjaannya? Mungkin Kesalahan Anda Sendiri

Eka Utami, 2 weeks ago
Sulit Mendapat Pekerjaannya? Mungkin Kesalahan Anda Sendiri

Saat lulus kuliah, Anda punya impian tentang pekerjaan dan perusahaan yang diinginkan. Idealisme itu selalu Anda jaga sebagai panduan untuk mencari kerja. Tapi, sampai beberapa bulan setelah kelulusan, Anda tetap saja menganggur. Artinya, idealisme yang jadi penghalang Anda mendapatkan pekerjaan. Berikut hal yang bisa membuat Anda melewatkan kesempatan berkarier seperti disarikan dari Career Addict.

  

Tidak menyadari potensi diri

Mungkin Anda memimpikan posisi manajer menengah yang punya berbagai fasilitas, dan keseimbangan kehidupan dan pekerjaan. Kebanyakan orang menginginkannya. Tapi, jika Anda baru memulai karier, mungkin hal itu tidak realistis, sebab tunjangan tersebut hanya bisa didapatkan oleh mereka yang telah menginvestasikan waktu dan menunjukkan prestasi bagi perusahaan.

Jadi, jika Anda hanya melamar pekerjaan karena tertarik dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, maka mungkin tidak bisa mendapatkannya. Sebab, Anda melamar pekerjaan dengan spesifikasi di atas potensi dan keahlian saat ini. Seharusnya, Anda mencari pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasi diri. Anda bisa cari tahu tentang potensi pertumbuhan di perusahaan. Mungkin bayaran untuk pekerjaan entry level itu memang cukup rendah, tapi Anda bisa membuat perubahan pada enam bulan sampai satu tahun ke depan. Singkatnya, jangan biarkan idealisme mencegah Anda untuk memulai meniti karier.

Hanya melamar ke perusahaan tertentu

Jika Anda kuliah di jurusan pertanian, mungkin Anda ingin bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Tapi, bagaimana jika Anda tidak diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Bahkan Anda tidak lolos melamar kerja di Kementerian terkait pertanian. Mungkin And abisa bekerja di bidang lain terkait pertanian. Misalnya lembaga swadaya masyarakat yang membantu petani atau lembaga keuangan yang memberi kredit pada petani. Anda bisa menganalisis usaha pertanian sebelum pemberian kredit, misalnya. Jadi, sebenarnya lapangan kerja Anda sangat luas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan dan impian Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami