4 Langkah Efektif Menyelesaikan Konflik di Tempat Kerja | Qerja

4 Langkah Efektif Menyelesaikan Konflik di Tempat Kerja

Sandy Ayu Sartika, 1 week ago
4 Langkah Efektif Menyelesaikan Konflik di Tempat Kerja

Di tempat kerja, kita bekerja bersama berbagai macam orang dengan latar belakang serta cara pandang yang berbeda. Tak jarang, Perbedaan ini berujung pada terjadinya gesekan & konflik antar rekan kerja. Penyebabnya bisa berbagai macam, bisa karena masalah personal sampai memang perbedaan pendapat ketika evaluasi kerja. Apapun penyebabnya, konflik di tempat kerja akan menurunkan performa perusahaan secara umum dan performa kita sebagai karyawan. Oleh karena itu, konflik sekecil apapun yang ada di tempat kerja harus bisa diselesaikan seefektif mungkin sehingga tidak berimbas pada kinerja karyawan lain. Lalu bagaimana cara menyelesaikan konflik di tempat kerja secara efektif ? Berikut ulasan dari kami.

  

1. Turunkan Ego

Konflik di tempat kerja biasanya terjadi karena antar dua belah pihak saling meninggikan egonya. Menurunkan ego masing-masing adalah cara terbaik untuk menurunkan tensi konflik. Menurunkan ego bisa dimulai dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda, cobalah untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Konflik muncul karena kedua belah pihak saling merasa benar. Bagi sebagian orang mungkin menurunkan ego dan melihat dari sudut pandang lawan berarti mengalah, tapi coba pahami bahwa  mengalah bukan berarti kalah. Dengan Anda menurunkan ego Anda telah membuat suasana kerja kembali kondusif dan anggap sebagai momen pendewasaan.

2. Coba Mendengarkan

Setelah menenangkan ego masing-masing, sekarang saatnya saling mendengarkan. Konflik sering terjadi karena adanya kesalahpahaman. Kesalahpahaman ini disebabkan karena kedua belah pihak tidak saling mendengarkan pendapat masing-masing. Cobalah untuk mendengarkan maksud dan pendapat dari rekan kerja. Usahakan untuk tidak memotong pembicaraan, sehingga Anda dapat mengetahui secara utuh pendapat rekan kerja Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami