Lakukan 5 Langkah Ini Sebelum Meminta Naik Gaji

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago

Jika Anda merasa underpaid dan overworked, atau Anda merasa sudah pantas mendapat kompensasi di atas nominal yang Anda peroleh sekarang, mungkin ini sudah saatnya Anda mendapat bayaran yang lebih tinggi. Namun, sebelum menghadap bos dan meminta kenaikan gaji, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

 1. Lakukan Riset Terhadap Perusahaan



Pertama-tama, cari tahu tentang kebijakan perusahaan perihal kenaikan gaji. Apakah ada periode tertentu untuk mengadakan tinjauan ulang terhadap gaji pegawai (salary review) atau peraturan lainnya yang relevan? Kemudian, pantau performa finansial perusahaan selama satu tahun terakhir dan bagaimana ekspektasi profit ke depan untuk memastikan bahwa perusahaan punya budget cukup untuk menaikkan gaji pegawainya. Jika kondisi finansial tempat Anda bekerja sedang tidak dalam keadaan optimal, mungkin Anda perlu sabar menunggu. Pastikan benar-benar agar permintaan Anda dapat dijustifikasi.

 2. Lakukan Riset Terhadap Diri Anda Sendiri
Apakah beban kerja, keahlian, dan pengalaman Anda sudah sebanding dengan kompensasi moneter yang Anda dapatkan? Lakukan riset terlebih dulu untuk mencari tahu market value Anda: Berapa gaji yang ditawarkan perusahaan saingan, berapa standar gaji posisi Anda di industri lain, dan berapa nilai moneter keahlian dan pengalaman Anda.



Manfaatkan koneksi Anda di berbagai perusahaan untuk bertanya-tanya pada rekan sejawat atau kunjungi informasi gaji di Qerja. Jika ternyata gaji Anda memang di bawah nilai Anda sebagai pegawai, sampaikan dan tunjukkan data kepada atasan Anda untuk argumen yang lebih meyakinkan.

 3. Pastikan Anda Pantas Mendapat Kenaikan Gaji
Oke, katakanlah Anda sudah dibayar sesuai 'harga pasar' rata-rata. Mengapa Anda harus diberi kenaikan gaji lagi? Jadikan deskripsi pekerjaan dan goal yang harus Anda penuhi sebagai panduan. Jika Anda mampu menunjukkan bahwa Anda telah konsisten dalam memberikan hasil pekerjaan berkualitas DAN bahkan mengemban tugas di luar job description Anda, atasan Anda tidak akan punya alasan berarti untuk menolak permintaan Anda. Jangan lupa sertakan pula prestasi dan kontribusi Anda kepada perusahaan selama ini.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami