Strategi Menabung Bagi Karyawan yang Gajinya di Bawah 5 Juta

Oleh Tri Susanto, 2 years ago

Mungkinkah menabung saat gaji hanya cukup untuk mendanai keperluan sehari-hari?

Para ahli keuangan menyarankan sebaiknya setidaknya 30 persen gaji bulanan disisihkan untuk menabung. Tapi jika gaji Anda masih di bawah Rp5 juta, ini rasanya agak sulit dilakukan. Bukan berarti Anda jadi terbebas dari kewajiban menabung, lho. Memiliki dana simpanan sangat penting, terutama jika gaji Anda memang pas-pasan.

Berikut cara mengakalinya.


1. Menabung Dulu, Baru yang Lain

Saat gajian, baiknya Anda langsung memisahkan dana untuk ditabung terlebih dahulu, sebelum menggunakan sisanya untuk kebutuhan lain. Belum sanggup menyisihkan 30 persen? Tak masalah, 10 persen pun bisa. Jauh lebih baik daripada tidak menabung sama sekali. 

Kami sarankan untuk membuka rekening khusus untuk menyimpan uang yang akan ditabung, dan simpan kartu ATM-nya di rumah. Ini untuk mencegah Anda menggunakan uang tabungan untuk hal-hal yang tidak perlu seperti belanja impulsif. 

2. Cari Celah dari Kebutuhan Operasional

Dana operasional seperti biaya untuk transportasi setiap hari, makan, hiburan, dan belanja bulanan, mungkin sebenarnya bisa Anda pangkas supaya ada lebih banyak yang bisa Anda pindahkan ke tabungan.

Misalnya jika Anda biasanya ke kantor membawa mobil setiap hari, hitung berapa pengeluaran yang Anda habiskan untuk bensin, parkir, dan tol setiap bulannya. Bandingkan dengan pengeluaran jika Anda menggunakan commuter line, angkutan umum, atau bahkan moda transportasi seperti GoJek, GrabBike, GrabCar, dan Uber yang harganya bisa jauh lebih murah dari ojek dan taksi biasa.

Anda bahkan bisa tetap membawa kendaraan ke kantor, namun jangan setiap hari. Cukup bawa saat Anda memang perlu menyambangi banyak tempat, atau membawa barang berat/banyak. Bila perlu, tetapkan satu hari saja dalam seminggu di mana Anda membawa kendaraan ke kantor. 

3. Bergaul Lebih Efisien

Kalau kebanyakan pengeluaran bulanan Anda adalah biaya nongkrong dengan teman-teman di cafe atau bar favorit, Anda sepertinya perlu mengubah kebiasaan. Bukan berarti Anda harus mengorbankan kehidupan sosial dan berhenti nongkrong, namun coba pilih tempat yang cenderung lebih murah. Kalau perlu, makan dulu sebelum berangkat sehingga Anda tak perlu membeli makan di cafe tempat nongkrong. Bawa botol minum sendiri agar Anda tak perlu membeli minum.

Atau, kenapa tidak pindahkan saja lokasi nongkrong ke rumah atau kost Anda maupun teman-teman Anda secara bergiliran?


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next