Intip Cagub/Cawagub Jakarta Pilihan Rekan Qerja

Berikut hasil polling Cagub & Cawagub DKI Jakarta 2017 dari 5.375 orang


Semua Profesi

Semua Profesi

Art & Design

Business Development

Customer Relationship

Education

Engineering

Finance & Accounting

General Worker & Operational

Human Resource

Information Tech.

Legal & Compliance

Logistic & Factory

Medical & Healthcare

News & Media

Sales & Marketing



Agus H. Yudhoyono
Sylviana Murni



Basuki T. Purnama
Djarot Saiful Hidayat



Anies Baswedan
Sandiaga Uno






Qerja tidak memiliki hubungan afiliasi apapun terhadap kandidat. Data yang disajikan merupakan data asli yang dihimpun dari member Qerja dan terbatas meliputi 14 fungsi spesifik. Konten yang ditampilkan dikutip langsung dan merupakan salah satu dari sekian banyak program kerja unggulan yang dapat ditampilkan. Konten dibawah telah mengalami penyuntingan demi penyesuaian bahasa dengan konteks yang masih identik.




Suara Kami yang Berkarir

Data yang ada di bawah diambil dari materi visi misi yang ada di website KPU beserta sumber lainnya.



Sales & Marketing

“Macet sangat mengganggu kami. Kalau saja Jakarta tidak macet, pasti akan lebih banyak meeting yang bisa diselesaikan dan perjanjian kerja pun lebih cepat dicapai. Ada solusi?”

Account Executive

Kemacetan menjadi sebuah momok di kota Jakarta, perlu penanganan dengan strategi yang baik untuk mengatasi permasalah ini. Selain memperbaiki infrastruktur kota, kami juga akan melakukan penataan manajemen lalu lintas untuk mencegah kemacetan.

Jakarta macet jangan dibiasakan, harus berubah. untuk itu kami akan mengimplementasikan Electronic Road Pricing (ERP) di jalan-jalan utama untuk mengurai kemacetan dan mendorong masyarakat menggunakan transportasi publik. Armada transjakarta juga akan ditambah sebanyak 3.000 bus dan angkutan umum juga diintegrasikan dengan transjakarta.

Kami akan menerapkan sistem “buka lebih siang & tutup lebih malam” bagi kantor pemerintah dan sistem berbagi kendaraan (carpooling) dengan memberikan kompensasi tunai bagi yang melakukan melalui aplikasi daring. Selain itu, kami akan berlakukan moratorium mobil mewah di Jakarta.


Share:

IT

“Latar belakang saya IT, tapi saya ingin sekali bisa berguna dan membantu Jakarta. Bagaimana saya bisa membantu kota ini, Pak?”

Web Developer

Kami akan membutuhkan banyak tenaga di bidang IT karena kami berencana untuk meningkatkan ketersediaan infrastruktur telekomunikasi yang modern dan lebih andal. Mari bersama-sama kita ubah Jakarta menjadi lebih baik.

Teman-teman IT bisa membantu untuk mewujudkan Jakarta Smart City dengan penyempurnaan pusat kendali Jakarta (command center), penyediaan data berbasis teknologi untuk pengambilan kebijakan, dan pembuatan aplikasi online untuk pelayanan publik seperti sistem kartu JakartaONE, ERP, pembayaran pajak online, dsb.

Peran teknologi saat ini sangat besar, dan kami percaya dengan bekerja bersama untuk menciptakan teknologi aplikasi online baik untuk information clearing house (pembanding harga bahan pokok), e-commerce, maupun tujuan lainnya akan mampu menyejahterakan masyarakat.


Share:

Education

“Sebagai seorang pendidik, saya ingin sekali generasi muda punya bekal pendidikanyang cukup. Sayangnya, masih banyak anak-anak harus putus sekolah karena masalah biaya. Apa yang bisa dilakukan agar semua anak bisa bersekolah?”

Guru SMP

Menyadari pentingnya pendidikan, kami berencana untuk meningkatan Kartu Jakarta Pintar (KJP), beasiswa miskin, beasiswa prestasi, kesejahteraan guru, dan mendirikan SMA unggulan gratis untuk keluarga miskin.

Jangan khawatir, pelayanan pendidikan gratis 12 tahun yang berkualitas akan terjamin dengan Kartu Jakarta Pintar. Bantuan pendidikan perguruan tinggi juga akan disediakan bagi siswa-siswi tidak mampu.

Pendidikan anak bangsa memang penting, karena itu kami akan memberikan dukungan pendidikan melalui Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Indonesia Pintar serta bantuan pendidikan lainnya.


Share:

Human Resource

“Sekarang semakin banyak yang pendidikannya bagus tetapi belum siap kerja. Bapak-bapak punya program khusus untuk angkatan kerja yang akan datang?”

Recruiter

Menyiapkan lulusan yang siap kerja memang menjadi kewajiban bagi pemerintah. Karena itu kami akan merencanakan pendidikan yang terbaik bagi warga jakarta.

Kami menyiapkan program pemberdayaan warga melalui pelatihan dan Job Fair serta membentuk SMKN mandiri yang dikerjasamakan dengan dunia usaha untuk melahirkan SDM yang mampu langsung bekerja.

Demi menyiapkan lulusan berkualitas yang siap kerja, kami berencana untuk menjembatani lulusan pendidikan dan dunia kerja melalui mentorship dengan maestro yang ahli dibidangnya.


Share:

Art & Design

“Susah banget nyari tempat untuk menyalurkan bakat dan ide. Kita seniman juga ingin diapresiasi, Pak!”

Seniman

Seniman merupakan aset bangsa yang perlu dijaga, karena itu kami akan mendirikan sosial centre yang mewadahi kebutuhan masyarakat khususnya kaum muda yang meliputi olah raga, budaya dan kreatifitas yang terintegrasi dengan konseling untuk kaum muda.

Untuk menyalurkan kreasi para seniman, Kami akan mendorong pembangunan pusat kebudayaan terpadu dan rumah cagar budaya sebagai tempat berkumpulnya pegiat dan penikmat seni. Di kantor walikota, rumah dan camat juga nantinya akan dibuat pertunjukkan seni setiap akhir pekan.

Membangun manusia tidak hanya melalui pendidikan formal, tapi juga melalui budaya, karena itu kami akan membangun pusat budaya dan fasilitas untuk mengekspresikan seni kebudayaan serta mengadakan festival kebudayaan secara rutin.


Share:

Medical & Healthcare

“Terlalu banyak pasien dan terlalu sedikit petugas kesehatan. Saya dan teman-teman jadi keteteran, belum lagi jika pasien atau keluarganya rewel.”

Perawat

Untuk Jakarta yang lebih maju, aman, adil dan sejahtera perlu dilakukan peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana kesehatan (RS, Puskesmas, Posyandu) serta peningkatan kualitas tenaga kesehatan.

Kami akan meningkatkan jumlah dan kualitas tenaga kerja dengan sistem rekrutmen terbuka. Selain itu kami akan usahakan agar 44 puskesmas bisa ditingkatkan jadi RSUK, 5 RSUK jadi RSUD kelas C serta mengadakan kerjasama dengan RS swasta. Semoga nantinya tidak terjadi penumpukan pasien di satu tempat.

Membantu menjaga kesehatan masyarakat adalah salah satu tugas penting pemerintah. Untuk itu kami akan menyiapkan tambahan tenaga kerja medis untuk mendukung kebutuhan bidang pendidikan dan kesehatan di Jakarta.


Share:

Customer Relationship

“Kerjaan saya kan shift2an karena kami harus menyediakan layanan informasi 24 jam. Kalau pulang malam suka takut, apalagi perempuan. Gimana ya Pak?”

Contact Center

Banyaknya preman dan begal di DKI memang mengkhawatirkan, namun kami akan pastikan untuk melakukan pencegahan dan memberantas kriminalitas perkotaan dan premanisme. Untuk itu kami akan membantu meningkatkan keterpaduan aparatur keamanan tiap wilayah.

Kami akan membangun sistem layanan telepon gawat darurat 112 yang dapat diakses 24/7. Selain itu untuk mengingkatkan keamanan dan ketertiban kota, akan dipasang 8.000 cctv di titik-titik yang rawan persoalan di DKI.

Kita akan mengadakan terobosan untuk situasi seperti ini, yaitu adanya aplikasi yang mirip seperti ojeg online. Yaitu aplikasi yang kalau ibu yang pulang malam-malam, itu tinggal pencet lalu dia akan dapat pendampingan.


Share:

General Worker & Operational

“Banyak waktu yang harus disediakan untuk ngantri bayar pajak atau mengurusi dokumen dokumen perusahaan. Apakah tidak ada cara yang bisa lebih produktif?”

Operational Team

Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, kami akan mengefisienkan pengurusan dokumen dan pembayaran pajak.

Kami ingin semua orang dan badan usaha membayar pajak secara teratur, karena itu kami akan permudah pembayaran pajak secara online serta memberi sanksi yang tegas bagi yang tidak membayar.

Pajak itu ada untuk kemajuan kotanya juga. Pasti kami akan segera selesaikan permasalahan ini untuk memajukan Jakarta.


Share:

News & Media

“Sebagai orang media, ketersediaan informasi yang lengkap dan bisa diakses kapan saja dimana saja akan sangat membantu kami. Sejauh mana Bapak akan memanfaatkan media sosial untuk melaporkan perkembangan dari proker Bapak?”

Online Reporter

Untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan amanah, perlu dilakukan transparansi dalam hal pengumpulan, alokasi dan penggunaan APBD. Kami akan adakan transparasi ini.

Kami selalu mengunggah video di youtube mengenai proker dan lainnya. Selain itu kami juga akan meningkatkan transparansi anggaran, proses keuangan dan proker kami melalui sistem IT yang mudah diakses publik.

Masyarakat tentu memiliki hak untuk mengetahui proker yang sedang berjalan, untuk itu kami akan membuat sistem informasi berbentuk aplikasi online dimana setiap program dapat diakses warga secara mudah. Hal ini diharapkan dapat membangun ruang keterlibatan mengenai kebijakan publik.


Share:

Finance & Accounting

“Pembangunan Jakarta tentunya melibatkan banyak uang. Sebagai akuntan saya sadar mengumpulkan dan menyusun laporan keuangan itu susah. Apalagi untuk se-DKI. Apa yang Bapak siapkan untuk memonitor keuangan DKI?”

Accountant

Tentunya kami akan membuat laporan yang transparan dan memonitor setiap penggunaan dana dengan melakukan transparansi pengumpulan, alokasi dan penggunaan APBD. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Jakarta yang lebih adil dan sejahtera.

Pasti kami akan monitor, jangan sampai karena ini ada yang masuk penjara. Kami akan melanjutkan keterlibatan auditor profesional untuk meminimalisir penyalahgunaan dan pemborosan anggaran. Kami juga akan membuat segala penggunaan anggaran secara online sehingga dapat dimonitor secara publik.

Tentu kami tidak akan mengkhianati amanah rakyat, untuk itu kami akan membuat sistem evaluasi penyerapan dan realisasi anggaran berdasarkan masalah dan dampak yang diinginkan. Hal ini dilakukan untuk memantau perbandingan antara belanja rutin versus belanja modal; dimana belanja modal harus lebih tinggi daripada belanja rutin.


Share:

Engineering

“Melihat permasalahan banjir yang masih melanda Jakarta, adakah inovasi atau terobosan yang Bapak siapkan untuk mengatasi masalah ini?”

Electrical Engineer

Untuk mengatasi masalah banjir, kami akan melakukan inovasi dengan meningkatkan kualitas dan fungsi saluran dan drainase perkotaan. Selain itu kami juga akan meningkatkan kualitas normalisasi bantaran, saluran sungai, waduk, dan situ.

Banjir saat ini sudah berkurang di Jakarta, namun kami tetap akan menambah kapasitas pompa air dua kali lipat dari kapasitas saat ini. Dan untuk pendistribusian air hujan secara merata, kami juga akan menghubungkan seluruh saluran air di Jakarta dan mengotomatisasi pintu air dan pompa sesuai dengan kondisi curah hujan dan kondisi saluran air terkait. Dan tentunya program-program untuk memperluas ruang terbuka hijau.

Inovasi yang akan kami lakukan selain menambah area resapan di DKI adalah menerapkan kebijakan zero run-off (Nol Limpahan) di bagian hilir, yang intinya adalah semua air dimaksimalkan untuk diserap lagi ke dalam tanah, bukan dialihkan ke saluran.


Share:

Business Development

“Untuk mengembangkan usaha, seringkali kami perlu bekerjasama dengan pemerintah. Namun sulit untuk dilakukan. Padahal hal ini bisa menguntungkan masyarakat juga. Bagaimana pandangan bapak-bapak mengenai hal ini?”

Business Development

Sebagai solusi dari masalah tersebut, kami akan mendorong skema public-private partnership, dengan tujuan meningkatkan investasi dan dunia usaha, sehingga ekonomi Jakarta makin tumbuh secara berkelanjutan dan berkeadilan (sustainable growth with equity).

Untuk itu, kami ingin menciptakan ekosistem yang menunjang kolaborasi dan mendukung pertumbuhan kewirausahaan di Jakarta. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan co-working space dengan fasilitas pendukung terutama bagi pengusaha IT untuk mendukung perkembangan iklim ekonomi digital.

Melihat kondisi Jakarta saat ini, kami sangat ingin merangkul setiap masyarakat dan mengajak kerja sama pihak swasta untuk memberi pelatihan kepemimpinan bagi seluruh kepala sekolah di DKI Jakarta.


Share:

Logistic & Factory Management

“Bekerja dekat dengan para buruh pabrik dan top manajemen, saya bisa mengerti keinginan buruh untuk mendapat fasilitas yang baik, tapi perusahaan punya keterbatasan. Bapak-bapak ada program untuk para buruh?”

PPIC lead

Salah satu hak warga Jakarta adalah untuk memperoleh kehidupan yang layak dan sejahtera, karena itu kami akan mengupayakan agar kehidupan masyarakat Jakarta lebih baik.

Kami akan membangun pasar perkulakan di Pasar Induk Kramat Jati untuk sembako murah dengan keanggotaan khusus bagi warga yang membutuhkan, seperti pemegang KJP dan warga bergaji UMP.

Kehidupan para buruh memang kadang memprihatinkan, karena itu kami berencana untuk memberikan kompensasi bagi warga yang membutuhkan atau mendapat kesulitan akibat keadaan ekonomi.


Share: