Pengaruh Cuaca pada Produktivitas Kerja | Qerja

Pengaruh Cuaca pada Produktivitas Kerja

Eka Utami, 6 months ago
Pengaruh Cuaca pada Produktivitas Kerja

Akhir-akhir ini cuaca seringkali tak menentu. Terkadang panas menyengat pada siang hari dan hujan deras di sore hingga malam hari. Esoknya, mendung sepanjang hari tanpa disertai hujan, akibatnya yang tersisa hanyalah udara panas yang mambuat gerah. Sementara itu, di beberapa hari terakhir terjadi hujan tak berkesudahan.

Ternyata, kondisi cuaca bisa memengaruhi produktivitas kerja kita. Biasanya, kalau suasana kelabu, sebagian orang memilih bermalas-malasan dan bersembunyi di balik selimutnya saja. Sementara saat cuaca cerah ceria, kita menjadi lebih bersemangat. Apakah benar begitu? Berikut pengaruh cuaca pada produktivitas kerja seperti disarikan dari situs Business.

Sinar matahari membuat semangat bekerja

Dalam cuaca cerah dengan sinar matahari yang berlimpah, karyawan bisa bertugas dengan tingkat efisiensi lebih tinggi. Cahaya terang membantu otak karyawan tetap terjaga, waspada, dan penuh perhatian. Karyawan menjadi sangat produktif di kantor karena ingin menyelesaikan tugas lebih cepat sehingga bisa menikmati sinar matahari di sore hari.

Namun, sinar matahari juga memiliki efek negatif dalam hal produktivitas. Beberapa karyawan mengalami gangguan dalam bekerja karena sering mengintip di langit biru dan sinar matahari yang cerah. Ada pula orang yang duduk dekat jendela dan merasa terganggu dengan sinar yang menyilaukan. Kalau ini masalahnya, Anda perlu tahu cara menyiasati agar diri tetap fokus bekerja.

Cuaca berawan mengurangi motivasi

Cuaca berawan membuat karyawan lebih fokus dengan pekerjaannya. Mereka tidak lagi tertarik dengan suasana menyenangkan di luar jendela. Namun, cuaca berawan dan gelap membuat pegawai merasa lelah. Kekurangan sinar matahari dan ruangan yang gelap membuat otak lebih ingin bersantai dan beristirahat.

Jadi, pencahayaan yang buruk di hari yang mendung adalah dua hal yang bisa menjadi bencana untuk produktivitas kerja seharian. Maka, manajemen kantor harus memastikan ruangan kantor terang-benderang. Jika pencahayaan itu tidak cukup, Anda bisa menyediakan lampu meja sendiri.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next