Ini Lho Pajak Penghasilan yang Mesti Anda Tahu | Qerja

Ini Lho Pajak Penghasilan yang Mesti Anda Tahu

Sandy Ayu Sartika, 3 years ago
Ini Lho Pajak Penghasilan yang Mesti Anda Tahu

 

Pada era sekarang ini pembangunan infrastruktur, fasilitas umum, jalan dan lain-lain sangat di dukung oleh pajak yang selama ini kita bayarkan kepada pemerintah. Jika Anda selama ini telah membayar secara rutin, berarti Anda telah mendukung pembangunan negara Indonesia. Namun tak banyak yang mengetahui dan memahami hal-hal mengenai pajak baik perseorangan ataupun perusahaan. Selain wajib pajak, ternyata juga yang sebagian orang yang tidak berkewajiban untuk membayar pajak; Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) yang khusus diperuntukan bagi Anda yang belum menikah dan tidak mempunyai tanggungan, serta berpenghasilan Rp24.300.000 per tahun atau setara Rp2.025.000 per bulan. Jadi kalau penghasilan Anda di atas itu berarti Anda termasuk wajib pajak.

Yuk, intip beberapa jenis pajak penghasilan dan kategori nya yang di ambil dari sini sehingga Anda dapat menentukan ada dalam kategori apa. Berikut sederet kategori wajib pajak yang harus Anda ketahui:

PPH 21

Jika Anda mendapat potongan pajak dari gaji yang diterima tiap bulannya berarti Anda adalah subjek pajak PPH 21. Beberapa kategori yang dikenakan PPh 21 seperti ialah pegawai, bukan pegawai, penerima pensiun maupun pesangon, anggota dewan komisaris, mantan pekerja dan peserta kegiatan.

Lebih jelasnya PPH 21 merupakan pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apapun yang sehubungan dengan pekerjaan, atau jabatan, jasa dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi subjek pajak dalam negeri.

Tarif PPh 21:



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next