Tips Manajemen Waktu untuk Working Mom | Qerja

Tips Manajemen Waktu untuk Working Mom

Eka Utami, 2 years ago
Tips Manajemen Waktu untuk Working Mom

Ibu pekerja seperti kita bisa dibilang sebagai salah satu kelompok pekerja yang sangat sibuk. Saat tidak bekerja di kantor, kita menggunakan waktu untuk mengurus anak-anak. Rasanya sulit mendapatkan waktu luang.

Namun, sebenarnya working mom paling sibuk sekalipun bisa punya ruang bernafas di hari yang paling padat. Caranya dengan manajemen waktu yang tepat. Berikut tips mengatur waktu untuk working mom seperti disarikan dari situs Working Mother.

Luangkan waktu untuk tidur. Jika Anda sedang tidak ada pekerjan, bila anak-anak sudah makan dan tidur, maka prioritaskan kebutuhan tidur. Waktu istirahat ini sangat berharga untuk mendukung fisik Anda saat pekerjaan menumpuk. Jadwalkan jam tidur seperti aktivitas lainnya. Tidurlah tepat waktu sehingga Anda bisa kembali bugar pada keesokan harinya. Anda juga harus menularkan kebiasaan tidur yang baik pada anak-anak demi kesehatan mereka.

Atur jam kerja dengan wajar. Sebelum Anda memutuskan untuk menerima tanggung jawab baru, pertimbangkan dulu beberapa hal terkait jam kerja. Apakah peran baru akan menyita waktu Anda cukup besar? Terkadang, Anda merasakan pasang surut saat mengerjakan proyek. Ada kalanya Anda sangat sibuk, tapi di lain waktu Anda bisa bersantai. Anda harus mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi di saat paling sibuk. Anda perlu membicarakan ini dengan atasan. Buatlah perjanjian dengan sang manajer. Apakah Anda bersedia menerima telepon atau email di luar jam kerja? Atau Anda perlu meminta agar tidak diganggu pada malam hari dan akhir pekan?

Manfaatkan kekuatan kata “tidak”. Anda tidak perlu selalu menghadiri semua undangan pertemuan orangtua murid. Anda tidak perlu mendampingi setiap kali anak melakukn study tour. Anda harus berani mengatakan tidak pada anak. Hal itu akan membuat Anda punya waktu untuk mengerjakan hal lain. Bukannya bermaksud mengesampingkan kepentingan anak. Tapi anak harus mengerti batasan waktu yang dimiliki orangtuanya sebagai ibu bekerja. Lagipula, dia juga harus belajar mandiri.

Menetapkan tujuan harian. Jangan membuat daftar tugas dan target yang terlalu muluk. Buatlah beberapa rincian tugas harian yang realistis dan pasti bisa dicapai. Dengan begitu, Anda akan bisa melakukan lebih banyak hal.

Jangan coba-coba multitasking. Anda bisa bekerja dengan lebih baik jika melakukan satu tugas dalam satu waktu. Saat Anda sedang bekerja, berhentilah khawatir tentang makan malam. Saat Anda membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah, jangan sambil mengirim pesan daftar belanjaan kepada suami. Anda harus fokus pada satu hal.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next