Tips Sukses Menjadi Mentee di Kantor | Qerja

Tips Sukses Menjadi Mentee di Kantor

Eka Utami, 2 years ago
Tips Sukses Menjadi Mentee di Kantor

Sebagai anak baru di kantor, terkadang kita merasa masih gugup dan canggung. Kita masih belum memahami ritme kerja di departemen. Untuk itu, biasanya, manajer akan menugaskan seorang pegawai senior sebagai mentor untuk membimbing anak baru agar bisa segera beradaptasi.

Selama terikat hubungan mentee-mentor, kita harus menyadari kewajiban, dan menganggap serius setiap arahan mentor. Kita harus menghargai mentor karena biasanya pegawai senior mengajukan diri dengan suka rela. Berikut tips menjadi mentee yang baik seperti disarikan dari situs UCDavis.

Mendengarkan arahan

Jika Anda butuh bimbingan, saran, dan masukan dari mentor, maka bertanyalah sebanyak mungkin. Namun, semua pertanyaan terbaik di dunia tidak ada gunanya kecuali Anda mendengarkan secara aktif setiap informasi yang diberikan dan diajarkan. Pastikan Anda menangkap maksud utama dari penjelasan mentor. Setelah itu, Anda bisa menerapkan pada pekerjaan.

Membangun kepercayaan

Membangun kepercayaan dari pegawai senior memang akan memakan waktu. Sebagai mentee, Anda sangat percaya bahwa menotr bisa memberi wawasan dan bimbingan yang bermanfaat. Namun, pada saat yang sama, mentor bisa saja tidak memercayai mentee. Ada yang melihat mentee sebagai anak baru yang belum bisa bekerja, tidak tahu apa-apa, dan memiliki kemampuan yang terbatas. Maka, Anda harus memanfaatkan hubungan kedekatan antara mentor dan mentee untuk menunjukkan diri. Meskipun Anda masih melakukan banyak kesalahan dalam pekerjaan pertama, tapi perlihatkan keseriusan Anda untuk memerbaiki keadaan dan bekerja lebih rajin.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next