Tips Sukses Menjadi Mentee di Kantor | Page 2 | Qerja

Tips Sukses Menjadi Mentee di Kantor

Eka Utami, 2 years ago
Tips Sukses Menjadi Mentee di Kantor

Mencari zona nyaman sendiri

Terkadang Anda ragu meminta bantuan mentor. Anda merasa sungkan untuk bertanya berkali-kali. Anda takut menganggunya dan dianggap sebagai mentee yang tidak punya inisiatif. Untuk menghindari situasi yang canggung, Anda harus memersiapkan cara yang nyaman untuk berhubungan dengan mentor. Anda bisa membuat daftar pertanyaan tertulis saat pertemuan agar tidak ada yang terlupa. Anda juga dapat merancang tujuan dan target yang konkret dari hubungan mentoring tersebut. Visualisasikan percakapan antara mentor dan Anda sehinggga Anda merasa mengenalnya dalam waktu yang lama.

Refleksi

Setelah pertemuan dengan mentor, tanyakan pada diri Anda tentang hal yang sudah dipelajari dan bagaimana cara menerapkannya. Anda mungkin ingin menulis hasil pertemuan dalam jurnal atau buku catatan dan merujuknya dari waktu ke waktu.

Mengkomunikasikan apresiasi dan kemajuan

Mentor adalah relawan yang ingin mendapatkan kredit lebih dari atasan karena berhasil membina mentee. Ada pula mentor yang ditunjuk dengan jawaban “iya” sambil menggerutu. Sebab, bisa jadi mendapat mentee adalah tambahan pekerjaan untuknya.

Apapun latar belakang alasan mentor, mereka ingin mendapat kepuasan dari hubungan mentor-mentee pada akhirnya. Satu-satunya cara agar mentor merasa berhasil adalah dengan memberi tahu tentang dampak hubungan mentor-mentee pada kesuksesan Anda di masa mendatang. Anda bisa menceritakan bagaimana kemajuan kinerja selama menjadi mentee. Anda juga boleh memberikan apresiasi atas usahanya yang telah membuat mentee berhasil. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami