5 Jenis Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2018 | Qerja

5 Jenis Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2018

Eka Utami, 1 year ago
5 Jenis Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2018

Sejak dua tahun lalu, World Economic Forum sudah mempublikasikan laporan tentang perubahan pasar tenaga kerja. Laporan berjudul “Masa Depan Pekerjaan” tersebut berisi hasil survey dan analisis dari para eksekutif dari lebih dari 350 pengusaha di sembilan industri di 15 ekonomi terbesar di dunia. Mereka memprediksi perkembangan pasar tenaga kerja di dunia.

Menurut laporan itu, perubahan demografis dan kemajuan teknologi akan menyebabkan hilangnya 5 juta pekerjaan pada tahun 2020. Sebagian besar pekerjaan yang akan hilang adalah pekerjaan administratif. Namun, ada pula jenis pekerjaan yang semakin diminati pencari kerja dan dibutuhkan perusahaan.

Perubahan permintaan tenaga kerja sudah mulai terjadi sejak tahun lalu dan akan berlanjut hingga tahun depan, sampai ke 2020. Berikut beberapa jenis pekerjaan yang dibutuhkan di tahun 2018 seperti disarikan dari berbagai sumber.

Arsitek dan insinyur

Menurut situs Weforum, permintaan tenaga ahli di bidang arsitektur dan keteknikan akan terus meningkat. Secara khusus, laporan World Economic Forum tersebut menyatakan akan ada pertumbuhan permintaan insinyur yang berfokus pada biokimia, nanoteknologi, robotika, dan material.

Pemerintah Indonesia sendiri gencar melakukan pembangunan sehingga membutuhkan tenaga ahli di bidang keteknikan ini. Sebab, Indonesia harus siap menghadapi persaingan konstruksi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Menurut catatan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang dikutip situs Tribun News, Indonesia masih kekurangan tenaga insinyur mencapai 120.000 orang pada periode 2015-2019.

Analis data pasar (dan pekerjaan terkait marketing)

Kemajuan teknologi justru terus “mengganggu” prediksi industri. Perubahan zaman kian cepat sehingga hampir setiap industri terobsesi dengan data pasar dan pelanggan masa kini. Mereka berlomba untuk bisa menggunakan data pasar untuk memberi keunggulan pada produk atau jasa yang dihasilkan. Di sinilah analis riset pasar diperlukan untuk mengambil data mentah dan menganalisisnya untuk memahami pelanggan, memprediksi tren, menentukan berapa harga seharusnya, dan memberikan masukan yang berharga dari pasar.

Perusahaan juga akan semakin membutuhkan tenaga pemasaran yang lebih mengerti perilaku konsumen zaman now. Orang-orang pemasaran yang punya keahlian khusus untuk menjelaskan penawaran perusahaan kepada berbagai klien, termasuk bisnis, pemerintah, konsumen, dan juga klien baru. Misalnya, tenaga pemasaran di tahun-tahun mendatang harus semakin paham soal media digital.

Software engineer

Pekerjaan yang berhubungan dengan komputer dan matematikan akan terus tumbuh. Pekerjaan ini meliputi pemrogram komputer, pengembang perangkat lunak, analis keamanan informasi, dan banyak lagi.

Tidak sulit untuk memahami a;asan mengapa bidang ini akan terus menjadi yang besar di tahun 2018. Startup dan perusahaan besar sama-sama mencari pengembang kreatif dan inovatif yang kreatif untuk merancang dan menyempurnakan program komputer. Software Engineer mampu mengembangkan aplikasi atau program khusus, atau mengerjakan sistem dasar yang menjalankan perangkat dan jaringan.

Konsultan keuangan

Konsultan keuangan membantu klien dengan berdiskusi dengan tentang tujuan keuangan, kemudian membantu merancang cara mencapai. Awalnya, konsultan akan mengumpulkan segala informasi relevan dari kliennya, mengidentifikasi tujuan-tujuan penting dalam hidup. Semua informasi akan digunakan untuk merancang strategi keuangan terbaik. Para profesional keuangan ini bekerja dengan klien untuk membantu mereka mengelola uang, dan menasihati segala hal mulai dari asuransi hingga investasi hingga perencanaan jangka panjang.

Pekerjaan ini menarik pada tahun depan karena di tahun mendatang semakin banyak orang dengan berbagai latar belakang dan memiliki dilema dalam masalah keuangan. Selain itu, perusahaan besar juga akan membutuhkan jasa konsultan keuangan.

Manajer (pekerjaan terkait manajemen)

Industri menghadapi masa transisi dari sistem konvensional ke industri modern yang berorientasi teknologi. Maka, para eksekutif memerlukan sosok manajer yang membantu mengarahkan perusahaan melewati gelombang perubahan. Semua industri membutuhkan manajer tangguh yang memahami perkembangan media dan informasi.

Sebelumnya, pada 2015, Ketua Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia (Abadi) Wisnu Wibowo sudah memprediksi bahwa Indonesia akan kekurangan tenaga kerja madya manajemen atau setingkat kepala bagian dan manajer pada 2018. Menurut pernyataan Wisnu yang dikutip dari situs Bisnis, hal ini terjadi karena buruknya regenerasi dan kaderisasi di perusahaan. Pemerintah juga dinilai tidak mampu menyiapkan tenaga kerja pemula dengan kemampuan yang sesuai kebutuhan industri.

Jadi, untuk para pegawai senior, inilah saatnya Anda untuk mengasah kemampuan manajerial. Dengan begitu, Anda bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi atau pindah kerja ke perusahaan impian pada 2018. –Qerja.com

Sumber foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next