Panduan Kerja dalam Tim untuk Para Introvert | Qerja

Panduan Kerja dalam Tim untuk Para Introvert

Eka Utami, 2 years ago
Panduan Kerja dalam Tim untuk Para Introvert

Budaya kerja tim berlaku di hampir semua perusahaan. Namun, lingkungan pekerjaan seperti ini tidak cocok dengan para introvert. Mereka terganggu dengan suara berisik orang-orang ekstrovert yang saling bersahutan, menyemburkan idenya ke udara. Sehingga pegawai introvert hanya bisa terpojok di sudut ruangan dalam diam.

Mungkin para introvert tidak tahan dengan situasi ini. Namun mereka terjebak dalam situasi yang mengharuskan kerja tim. Tapi, para introvert harus berusaha untuk membuat suasana kerja tim menyenangkan untuk diri sendiri. Berikut panduan bekerja dalam tim untuk para introvert seperti disarikan dari Psychology Today.

Perubahan pola pikir

Sebagai introvert, mungkin Anda lebih bersemangat dengan ide yang muncul dalam sebuah diskusi daripada orang-orang yang berbicara di forum. Jadi, pikirkan bahwa pertemuan dengan sebagai kesempatan untuk memaparkan ide baru dan menarik atau mencari gagasan hebat yang terlontar dari anggota tim lainnya. Fokuskan pikiran pada konten rapat daripada ikut tenggelam pada drama interpersonal.

Ingat, bahwa Anda juga salah satu anggota tim yang penting. Anda adalah orang yang mengutamakan pemikiran sementara orang lain sedang berbicara. Setelah Anda mencermati jalannya rapat, ketika suasana menjadi hening, cobalah mengangkat suara dan mengungkapkan hasil pemikiran Anda sendiri. Pendapat Anda akan sangat berharga untuk tim.

Ingatlah bahwa orang-orang ekstrovert yang banyak bicara bisa saja mengubah pikiran dalam satu waktu. Mereka akan tampak kikuk setelah mengoreksi ucapan beberapa kali. Anda juga mengalami perubahan pikiran beberapa kali. Hanya saja, perubahan itu hanya terjadi di kepala Anda sebelum berbicara.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next