Tips Kerja Bareng Bos Wanita | Qerja

Tips Kerja Bareng Bos Wanita

Eka Utami, 2 years ago
Tips Kerja Bareng Bos Wanita

Bekerja sama dengan atasan wanita berbeda rasanya dengan situasi di mana Anda berada di bawah kepemimpinan bos pria. Pegawai pria sering merasa terintimidasi oleh atasan wanita karena cara bicara yang berbeda. Pria merasa takut mengungkapkan pendapat dengan cara yang salah.

Sementara itu, orang sering salah paham bahwa pegawai wanita pasti akan cocok bekerja sama dengan bos wanita. Padahal pendapat itu belum tentu benar. Karyawan wanita sendiri berpikir bisa berteman dengan atasan wanita. Namun, sebenarnya hubungan pertemanan antara dua orang dengan jenis kelamin yang sama tidak selalu berjalan mulus. Jadi, harapan itu tidak realistis. Hubungan kerja tidak akan bertahan lama yang didasarkan pada harapan yang tidak realistis.

Sebenarnya, seorang bos wanita bisa duduk di kursi pimpinan telah terseleksi dan memiliki kemampuan yang mumpuni. Sebagai atasan, dia juga dapat menilai bawahan dengan adil berdasarkan kemampuan untuk mendengarkan, kerja tim, dan berkomunikasi. Tapi, di sisi lain bos wanita juga  menghadapi  masalah yang sama dengan bawahannya. Dia juga merasa takut dianggap tidak sensitif atau tidak cukup bijaksana akibat kesalahpahaman.

Kita tidak bisa memilih atasan. Kita harus bisa bekerjasama dengan semua orang. Berikut tips bekerja dengan bos wanita seperti disarikan dari Forbes dan Wisestep.

Beri pengakuan

Kenyataannya, dia adalah atasan dan Anda bawahan. Jelas, dia memiliki kekuatan yang lebih besar daripada Anda dan pegawai lainnya. Namun, hal ini bisa lebih kompleks dari yang Anda pikirkan. Memang, bos Anda tidak mencoba untuk menunjukkan kuasa secara berlebihan, tapi Anda perlu menunjukkan sikap hormat. Tunjukkan bahwa dia adalah bosnya.

Bos wanita merasa nyaman dalam kerja sama

Wanita lebih banyak terlibat dalam sebuah jaringan dan koneksi. Mereka tidak ragu-ragu untuk bergabung dalam sebuah perkumpulan atau organisasi. Wanita suka berkonsultasi dengan anggota tim sebelum mengambil keputusan. Bos wanita pun demikian. Dia akan memberi kesempatan pada Anda untuk memberi masukan. Tapi, jangan anggap hal itu sebagai bagian dari ketidakmampuan atasan wanita. Sebenarnya, bos wanita hanya ingin mengambil keputusan paling bijak.

Jangan menganggap setiap anggukan bos adalah tanda persetujuan

Sementara berbicara dengan bos wanita, Anda pasti menyadari bahwa dia sering mengangguk. Jangan menganggapnya sebagai tanda persetujuan. Gerakan kepala itu hanya sebuah indikasi bahwa dia sedang mendengarkan apa yang Anda katakan. Dia hanya mendorong Anda untuk terus maju dan menjelaskan. Setelah selesai menjelaskan, barulah Anda meminta pendapat dan persetujuannya.

Hati-hati saat berselisih paham

Tidak ada yang suka ditentang, apalagi jika orang itu adalah bos wanita Anda. Wanita yang ditentang cenderung bersikap defensif. Bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai serangan pribadi terhadap kredibilitas. Jadi, jika Anda tidak sependapat dengan bos wanita, maka bersikaplah lebih waspada dan ekstra hati-hati saat menggunakan kata-kata.

Memahami sudut pandangnya

Kita semua tahu bahwa kebanyakan wanita harus berjuang keras untuk mencapai level pimpinan. Kenyataannya, sebagian besar bos wanita adalah orang-orang yang sangat tangguh. Anda dapat menunjukkan simpati dan membuatnya menyadari bahwa pegawai menghargai kerja kerasnya. Misalnya, ketika bos merasa gagal, Anda perlu memberinya semangat, tapi tidak perlu terkesan menjilat.

Tidak perlu sok akrab

Ini adalah satu jebakan untuk pegawai wanita. Anda merasa bisa berteman dengan bos wanita. Padahal, hubungan akrab dengan atasan bisa jadi membuat segalanya jadi kacau. Memang, sesama wanita harus saling mendukung dalam karier. Tapi, Anda tidak perlu sok akrab dengan menemaninya lembur, menjadi teman curhat, atau bahkan pergi berbelanja bersama. Hubungan pertemanan ini akan terasa kikuk ketika tiba waktunya masa evaluasi atau saat atasan tidak menyenangi hasil kerja Anda. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next