Tips Berjejaring untuk Pencari Kerja | Qerja

Tips Berjejaring untuk Pencari Kerja

Eka Utami, 3 years ago
Tips Berjejaring untuk Pencari Kerja

Banyak pencari kerja yang mendapat pekerjaan dari kenalan. Zaman sekarang jaringan sama pentingnya dengan keahlian dan pengalaman kerja yang Anda miliki. Jadi, buat Anda baru saja lulus dari kampus atau pegawai lama, perlu membangun, membina dan mengembangkan jaringan.

Bagi pencari kerja yang baru saja lulus dari kampus, membangun jejaring profesional tampaknya cukup menantang. Tapi, Anda tetap bisa berusaha untuk memulai, misalnya dari acara pertemuan alumni atau kegiatan networking lainnya. Berikut tips membangun jejaring bisnis untuk para pencari kerja seperti disarikan dari Business News Daily.

Kerjakan pekerjaan rumah. Anda punya kesempatan besar untuk membangun dan mengembangkan jaringan pada acara networking. Para perekrut perusahaan akan hadir dalam acara tersebut. Daripada Anda membuang banyak waktu untuk bertemu banyak perekrut, lebih baik kerjakan pekerjaan rumah dulu dengan mencari tahu perwakilan dari perusahaan impian. Pilih lima orang yang paling relevan dengan pencarian karier Anda. Jadi, jangan sampai Anda masuk ruangan tanpa rencana.

Dapatkan koneksi. Ingatlah bahwa acara networking telah diatur khusus untuk pertemuan sosial. bukan wawancara formal. Jadi, Anda jangan hanya mengumpulkan kartu nama dan membagikan resume. Anda perlu melakukan percakapan dengan perwakilan perusahaan yang diincar, kemudian menjalin hubungan dengan mereka. Buatlah agar diri Anda diingat oleh perekrut.

Ceritakan tentang diri Anda. Salah satu cara terbaik untuk membangun persona tentang diri Anda adalah saat bercakap-cakap selama acara networking. Pilih cerita bagus dari kehidupan Anda, seperti: pekerjaan pribadi atau pekerjaan yang relevan, pelajaran yang dipetik dari pengalaman. Cerita yang bagus dapat menggambarkan beberapa aspek positif tentang Anda sebagai pribadi dan sebagai calon karyawan.

Khusus buat Anda yang baru mulai mencari kerja setelah lulus kuliah, ingatlah bahwa Anda bisa mendapat pekerjaan bukan karena nilai tinggi yang tertera di IPK. Tapi, Anda harus mampu berjejaring dengan orang profesional, menampilkan diri dengan sebaik-baiknya, dan menunjukkan keistimewaan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami