5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Minta Naik Gaji di Tahun 2018 | Qerja

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Minta Naik Gaji di Tahun 2018

Eka Utami, 2 years ago
5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Minta Naik Gaji di Tahun 2018

Tahun baru sudah di depan mata, tapi gaji Anda segitu-gitu saja. Anda merasa sudah bekerja keras selama tahun ini. Anda pikir berhak mendapat kenaikan upah. Tapi, sampai hari ini Anda belum mendengar soal rumor kenaikan gaji serentak. Mungkin sekarang Anda harus lebih aktif untuk meminta kompensasi lebih tinggi kepada atasan. Tapi tunggu, jangan dulu mengetuk pintu manajer. Simak dulu lima hal yang perlu dilakukan sebelum minta naik gaji di tahun 2018 seperti disarikan dari Business News Daily berikut ini.

Mempertimbangkan waktu

Mungkin Anda sulit menentukan waktu yang tepat untuk mendekati atasan terkait permintaan kenaikan gaji. Tapi, percayalah, waktu yang tepat bisa membuat Anda sukses mendapatkan keinginan. Misalnya, jika Anda tahu tentang adanya peninjauan kinerja karyawan secara berkala, maka bicarakan tentang kenaikan gaji beberapa bulan sebelum masa penilaian. Jika Anda baru meminta peningkatan upah saat hasil peninjauan kinerja dilakukan, maka itu sudah terlambat sebab tim manajemen sudah menentukan karyawan mana saja yang berhak mendapat kenaikan gaji atau promosi.

Selain itu, Anda juga harus melihat situasi perusahaan. Bila perusahaan Anda sedang pendapat untung besar, maka bisa saja menyinggung soal kenaikan gaji. Namun, jika perusahaan baru saja menghadapi masa-masa yang tidak menguntungkan, kehilangan klien utama, dan lain-lain, mungkin ini bukan saat yang tepat untuk meminta penghargaan lebih, terlepas dari kinerja individual Anda.

Menentukan nilai

Pekerjaan rumah yang harus Anda kerjakan sebelum minta naik gaji adalah menentukan besaran gaji yang wajar. Cara memerkirakan besaran kenaikan gaji antara lain dengan mengombinasikan prestasi dan pekerjaan yang telah Anda lakukan dan rata-rata gaji nasional untuk posisi Anda sekarang. Jadi, tuliskan keberhasilan yang telah Anda raih dan lakukan riset tentang gaji di industri yang digeluti sebelum menghadap manajer dan mengajuakan angka kenaikan upah. Perhitungan ini bisa menjadi alasan realistis yang berbasis data untuk kenaikan gaji Anda.

Jika Anda memang benar-benar mampu mendata pekerjaan yang dilakukan, berarti Anda sadar dan siap untuk melakukan pembicaraan terkait kenaikan gaji. Kalau Anda masih keteteran untuk menginventarisasi hasil pekerjaan sendiri, maka mulailah sedikit demi sedikit dari sekarang. Anda bisa mengirimkan laporan rutin tentang kemajuan pekerjaan pada atasan. Kemudian, setiap kali Anda berhasil menaklukan satu tugas, maka kaitkan pencapaian tersebut dengan tujuan organisasi.

Rencanakan “pendekatan” kepada atasan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next