Lima Langkah Agar Anda Lebih Produktif di Tahun 2018 | Qerja

Lima Langkah Agar Anda Lebih Produktif di Tahun 2018

Eka Utami, 2 years ago
Lima Langkah Agar Anda Lebih Produktif di Tahun 2018

Setiap hari, setiap bulan, setiap tahun, kita selalu menginginkan hal yang lebih baik. Kita mau ada peningkatan dalam kehidupan dan karier. Namun, hal itu tidak bisa dicapai begitu saja tanpa usaha. Anda harus punya strategi untuk meraih tujuan karier dan kesuksesan di tahun berikutnya. Simak langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar menjadi lebih produktif di tahun 2018 seperti disarikan dari Forbes berikut ini.

Membuat tujuan karier (dan tujuan hidup) yang jelas

Untuk menjadi produktif, harus ada tujuan kerja yang harus dicapai. Jadi, saat memasuki tahun baru, luangkan beberapa waktu dalam satu-dua pekan –aatau bahkan sebulan pertama- untuk menetapkan tujuan kehidupan, khususnya karier Anda selama 2018. Hal-hal apa yang ingin Anda capai? Anda ingin lebih sehat? Mau dapat promosi kerja? Tuliskan target-target jangka panjang dan jangka pendek.

Ketika menuliskan tujuan hidup dan karier selama 2018, pastikan semuanya realistis dan dapat dicapai. Misalnya, Anda ingin naik jabatan. Tapi, hal itu tidak mungkin dicapai dalam satu atau dua bulan. Inilah sebabnya mengapa Anda harus melampirkan kerangka waktu ke setiap tujuan yang ditetapkan. Tentukan kerangka waktu realistis tapi juga menantang, ciptakan tingkat urgensi tertentu. Jika tidak ada jangka waktu yang jelas dan ringkas, maka Anda akan menunda-nunda pekerjaan.

qc-jkt-2019

Selain itu, Anda juga perlu mengidentifikasi dan memprediksi tantangan yang akan menghadang. Kemudian, Anda bisa menentukan jangka waktu tertentu di mana harus berhenti dan evaluasi diri serta target-target. Misalnya, setiap tiga bulan sekali Anda melihat pencapaian atau kemunduran yang sudah terjadi.

Mengabaikan gangguan dan fokus pada pekerjaan

Setelah memahami tantangan, ancaman kemunduran, atau gangguan yang mungkin dihadapi, lalu identifikasi kelemahan diri yang membuat Anda kalah dari semua rintangan tersebut.  Lalu, ciptakan sebuah strategi yang bisa mendorong Anda melewati rasa sakit jika kalah di tengah jalan. Dengan begitu Anda bisa bangkit kembali. Untuk itu, Anda harus selalu fokus bekerja pada satu hal setiap hari, minggu dan bulan. Cara itu akan membuat Anda lebih dekat kepada tujuan karier yang sudah ditetapkan.

Memahami diri sendiri

Kenali diri dan cara bekerja Anda. Apa yang membuat Anda bersemangat dengan pekerjaan yang dilakukan? Apakah ada hal yang tidak Anda sukai? Apakah Anda bisa bekerja dengan baik pada pagi hari atau malam hari? Lingkungan kerja seperti apa yang memungkinkan Anda berkembang? Cari tahu semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Ketika Anda sudah tahu waktu produktif, maka gunakan masa itu untuk bekerja. Dedikasikan waktu paling produktif selama 90 menit untuk menyelesaikan tugas paling menantang. Hal ini berarti Anda tidak boleh mendapat  gangguan telepon, rekan kerja, rekan bisnis, email dan hal lain yang berpotensi mengalihkan perhatian.

Kemajuan adalah kekuatan

Kemajuan yang Anda capai bisa menjadi kekuatan pendorong terbesar untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi. Misalnya, Anda berhasil mengerjakan satu proyek besar, kemudian mendapat pujian atau bahkan penghargaan dari atasan dan perusahaan. Hal ini membuat Anda lebih bersemangat untuk mencapai tujuan karier yang lebih besar pada 2018. Jadi, identifikasi tugas-tugas besar yang ada di depan mata.Taklukan pekerjaan tersebut sehingga Anda lebih percaya diri untuk mengatasi tantangan pekerjaan berikutnya –yang mungkin berpengaruh pada penilaian kinerja dan pertimbangan promosi-.

Menjadi langkah kerja produktif sebagai kebiasaan

Jadikan semua langkah yang disebutkan di atas sebagai kebiasaan. Lakukan identifikasi tujuan karier setiap awal tahun, fokus kerja setiap hari, dan jadikan setiap momen kesuksesan sebagai pendorong dan penyemangat.

Buat rutinitas pagi dan malam hari yang dirancang untuk produktivitas harian. Optimalkan waktu yang Anda miliki untuk menjadi produktif. Lakukan sesuatu di malam hari yang akan membuat Anda sukses pada hari berikutnya. Apa yang bisa Anda lakukan? Bagaimana Anda bisa memperbaiki hal-hal kecil di hari ini untuk mendapatkan hari yang lebih produktif besok? Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini setiap malam sebelum tidur. Saat bangun di pagi hari, tanyakan pada diri tentang bagaimana cara menaklukan hari? Jika demikian, ciptakan kebiasaan dan ritual yang mendorong dan menguatkan emosi positif, tindakan dan keadaan mental secara keseluruhan. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next