Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bekerja di Perusahaan Terbaik di 2018 | Qerja

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bekerja di Perusahaan Terbaik di 2018

Eka Utami, 3 years ago
Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bekerja di Perusahaan Terbaik di 2018

Apa rencana karier Anda tahun depan? Apakah Anda ingin menggapai impian dengan bekerja di perusahaan terbaik yang diidam-idamkan selama ini?

Jika ingin bekerja di tempat terbaik, kita harus mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki. Tujuan kita sebagai pencari kerja adalah agar menonjol di antara kandidat yang lain, mulai dari aplikasi hingga negosiasi, sampai mendapatkan pekerjaan.

Jadi, jangan melamar kerja dengan terburu-buru, yang penting selesaikan dulu pekerjaan rumah itu. Alih-alih melamar pekerjaan dengan segera, lebih baik kita mengambil waktu jeda untukn mempertimbangkan dengan cermat tempat mendaftar. Daripada mengirimkan resume dan surat lamaran yang di-copy dari satu template, lebih baik menyesuaikannya dengan masing-masing peran yang dilamar.

Maka, sebelum melamar kerja, pelajari dulu tentang perusahaan, pahami misinya, cari tahu testimoni karyawan senior yang sudah lebih dulu di sana. Ini akan membuat Anda menjadi kandidat yang tepat sehingga perekrut tidak dapat menolaknya. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melamar kerja di perusahaan terbaik pada 2018.

Memahami misi perusahaan (dan terinspirasi dengan misi tersebut)

Anda harus memahami misi perusahaan sebelum bekerja. Jika punya semangat yang sama dengan perusahaan, maka Anda bisa sukses dalam bekerja. Saat Anda punya pikiran yang sejalan dengan misi perusahaan, maka hal itu akan mengubah cara Anda bekerja. Sementara itu, organisasi juga akan mendukung Anda. Dengan adanya kesamaan sudut pandang, Anda akan merasa “memiliki” perusahaan, terpacu untuk mengembangkan karier, dan tidak canggung dengan budaya kebersamaan di perusahaan. Sebaliknya, jika Anda bekerja di perusahaan tanpa mengerti tentang misi organisasi, maka Anda tidak dapat berkembang.

Rekomendasi

Anda sudah memahami betapa pentingnya jaringan untuk perkembangan karier. Jika Anda sudah mengenal seorang karyawan senior yang sudah bekerja di perusahaan impian, maka itu adalah modal besar. Anda bisa meminta rekomendasi dari dirinya. Perusahaan besar bahwa orang hebat bergaul dengan orang hebat lainnya. Jadi mereka akan percaya jika ada seorang talenta baru yang mendapat rujukan dari karyawan berprestasi yang sudah bekerja di perusahaan terlebih dahulu.

Mencari tahu tentang budaya perusahaan

Banyak orang hebat dan ahli di bidangnya. Bisa jadi Anda bersaing dengan mereka untuk mendapatkan satu posisi di perusahaan impian. Tapi, jika kemampuan Anda setara dengan kandidat lainnya, maka Anda harus punya kelebihan lain. Anda mesti mencari tahu tentang budaya perusahaan. Apakah lingkungan kerja itu cocok dengan cara kerja dan kepribadian Anda? Jika cocok, maka Anda punya nilai lebih di mata perekrut. Jika tidak, sebaiknya Anda tidak usah memaksakan diri, sebab karyawan yang tidak bisa mengikuti budaya perusahaan pada akhirnya akan berhenti juga.

Memahami tipe pegawai yang diinginkan perusahaan

Beberapa pimpinan perusahaan mengatakan kepada Glassdoor bahwa mereka ingin kandidat pegawai yang jujur dan menjadi diri sendiri. Beberapa petinggi perusahaan menganggap bahwa keahlian atau keterampilan kerja bisa dilatih. Mereka lebih suka mendapatkan pegawai yang positif dan optimis, jujur dan peduli, orang-orang yang terinspirasi misi perusahaan dan ingin berusaha lebih baik untuk diri sendiri.

Pimpinan perusahaan juga mau pegawai yang tergerak karena gairah kerja dari dalam dirinya dan perusahaan. Hal ini terlihat dari cara kandidat menunjukkan diri di hadapan perekrut. Jika Anda sudah mengerjakan semua pekerjaan rumah dan membekali diri dengan informasi perusahaan, maka Anda adalah orang yang tepat dan siap untuk bekerja di perusahaan impian. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next