Resolusi Karier Terbaik untuk Tahun 2018 | Qerja

Resolusi Karier Terbaik untuk Tahun 2018

Eka Utami, 2 years ago
Resolusi Karier Terbaik untuk Tahun 2018

Bulan terakhir di tahun 2017 merupakan saat yang penting untuk membuat tinjauan karier. Buat mahasiswa tingkat akhir yang segera lulus kuliah, Anda perlu mulai melihat, memahami, dan menyusun strategi untuk menghadapi pasar kerja yang kian jenuh. Jika Anda adalah pencari kerja, maka ini saatnya memersiapkan diri untuk mencari dan memulai pekerjaan baru pada 2018. Kalau Anda adalah pegawai senior, ini waktunya mengevaluasi kemajuan karier, posisi dan peran di kantor.

Kalau Anda gagal mewujudkan resolusi karier tahun lalu, jangan patah semangat. Kali ini, Anda tetap harus membuat resolusi karier untuk 2018. Berikut alasan mengapa Anda tetap butuh resolusi karier.

Menentukan arah karier

Jika Anda punya resolusi karier padaawal 2017 yang lalu, sekarang Anda bisa melakukan melihat sejauh mana perkembangan karier sepanjang 11 bulan yang telah dilewati. Apakah sudah sesuai target? Apakah Anda sempat melenceng dari tujuan karier yang ditetapkan di awal tahun 2017? Ke depan, Anda tetap memerlukan resolusi karier untuk menentukan arah melangkah.

Mencatat pencapaian karier sepanjang tahun

Resolusi karier membuat Anda lebih mudah mencatat pencapaian selama setahun. Apakah Anda menyelesaikan proyek besar? Apakah Anda mendapat kesempatan berbicara lebih banyak dalam rapat dewan direksi tahun ini? Apakah Anda lebih aktif dalam jaringan profesional? Jika Anda punya resolusi karier dan mencatat setiap pencapaian dengan rapi, maka Anda akan merasa hebat.

Kalu tidak punya resolusi karier, Anda hanya akan bekerja dan berusaha sebaik mungkin. Anda melakukan banyak pekerjaan hebat setiap bulan. Namun, Anda tidak tahu sejauh mana kemajuan karier yang telah dicapai.

Mengevaluasi diri

Resolusi karier bisa menjadi patokan ukuran mengenai hal-hal yang seharusnya bisa dicapai dan gagal untuk diperoleh. Jika pernah gagal, Anda bisa lebih lebiih berhati-hati dalam melangkah di masa depan. Kemudian Anda akan menyiapkan mekanisme dan strategi untuk memastikan bahwa hal itu tidak berulang pada tahun berikutnya.

Jadi, kini Anda sudah yakin untuk membuat resolusi karier untuk tahun 2018. Lupakan resolusi Tahun Baru yang biasa. Sekarang Anda membutuhkan daftar resolusi karier yang terencana untuk memastikan menuju jalur yang benar di tahun mendatang seperti disarikan dari situs Corporate Staffing.

Mengenali dan memahami ketakutan terbesar dalam diri

Kita semua memiliki ketakutan dalam hidup. Beberapa ketakutan akan menahan untuk maju. Namun, bagaimanapun Anda harus menghadapinya. Sekarang, coba tanyakan pada diri Anda sendiri.
Apakah Anda takut berbicara di depan umum? Apakah Anda selalu cemas menghadapi wawancara kerja? Apakah Anda tidak percaya diri membangun jaringan baru? Apakah Anda takut akan kritik? Tahun depan, Anda harus mengenali dan mengembangkan mekanisme untuk mengatasinya.

Meminta saran karier pada para ahli

Terkadang Anda merasa bingung menentukan arah karier sendiri. Anda bahkan tak tahu posisi Anda sekarang. Apakah Anda merasa terjebak dalam karier? Apakah Anda merasa seolah tidak bertanggungjawab pada pekerjaan? Apakah Anda merasa nyaman dengan posisi, peran dan gaji? Apakah Anda ingin tumbuh dan berkembang dalam karier? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda perlu program bimbingan karier profesional di tahun 2018.

Membangun jaringan profesional dengan memanfaatkan media sosial

Anda mungkin pernah mendengar tentang media sosial profesional, tapi tidak pernah mendaftar. Atau, mungkin Anda pernah membuat akun di media sosial profesional, tapi tidak pernah mengurusnya. Padahal media sosial profesional bisa menghubungkan Anda dengan para profesional di seluruh dunia. Jangan melewatkan kesempatan ini. Di media sosial profesional,  Anda bisa bertemu perekrut, terhubung dengan jaringan baru, dan menciptakan persona pribadi.

Membangun jaringan yang kuat selama 2018

Berdasarkan penelitian, sekitar 60 persen pekerjaan datang kepada Anda lewat jaringan. Buat daftar nama orang yang ingin Anda kenal lebih jauh, dan cari tahu cara terhubung dengan mereka. Lakukan upaya ini di tahun depan untuk membuka jalan Anda ke berbagai peluang baru di dunia kerja.

Pelajari keterampilan baru dan jadilah ahli di bidang Anda

Anda harus berusaha untuk mempertajam keterampilan profesional dan mendapatkan informasi tentang tren dan perubahan industri. Anda dapat mencapainya dengan berlangganan buletin yang relevan, mengikuti akun pemimpin industri di media sosial dan bahkan berpartisipasi di dalam konferensi atau acara sosial lainnya. Dengan membangun diri sendiri, Anda akan mempersiapkan diri untuk peluang yang lebih baik di industri yang digeluti. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next