Berapa Seharusnya Gaji Anda di Tahun 2018? | Qerja

Berapa Seharusnya Gaji Anda di Tahun 2018?

Eka Utami, 2 years ago
Berapa Seharusnya Gaji Anda di Tahun 2018?

Tahun 2018 tinggal beberapa pekan lagi. Kita bersiap menyongsong tahun baru yang penuh harapan. Sebagai pegawai, Anda tentu ingin kemajuan dalam karier. Selain itu, ada satu hal lagi yang selalu ditunggu setiap karyawan yaitu kenaikan gaji tahunan.

Hampir di semua perusahaan punya kebijakan menaikkan gaji karyawan setiap periode tertentu. Perhitungan kenaikan gaji paling umum biasanya berdasarkan kenaikan inflasi. Namun, tidak semua pegawai tahu berapa besar kenaikan penghasilan yang akan didapat tahun ini. Biasanya kita baru bisa melihat jumlahnya setelah mendapat slip gaji bulan Januari atau Februari –tergantung kebijakan masing-masing perusahaan-.

Kenaikan gaji yang akan Anda terima di tahun depan tidak hanya ditentukan oleh perusahaan tempat bekerja. Sesungguhnya, Anda juga bisa mengupayakan kenaikan gaji yang lebih tinggi daripada teman sekantor lainnya. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan bekerja keras. Jika Anda mendapat promosi, tentu penghasilan Anda akan jauh lebih tinggi. Jadi, untuk menjawab pertanyaan tetang berapa seharusnya gaji Anda di tahun 2018, berikut perkiraan besaran kenaikan gaji Anda di tahun 2017 yang dihimpun dari berbagai sumber.

Patokan UMR

Upah Minimum Provinsi (UMP) sudah ditetapkan. Jika Anda adalah tenaga kerja yang mendapat gaji minimum, tentunya sudah bisa memprediksi besaran upah yang akan diperoleh berdasarkan keputusan pemerintah daerah masing-masing. Menurut catatan Qerja, UMP di berbagai daerah bervariasi. Misalnya, untuk wilayah DKI Jakarta, UMP yang ditetapkan sebesar Rp 3,6 juta. Sementara, di Banten, UMP yang ditetapkan sebesar Rp 2,09 juta. Adapun untuk wilayah Jawa Timur, UMP tahun depan sebesar Rp 1,5 juta.

Menurut laporan Liputan6, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menetapkan besaran kenaikan UMP untuk tahun 2018 sebesar 8,71 persen. Persentase kenaikan UMP tersebut dihitung berdasarkan formula kenaikan upah minimum yaitu penjumlahan dari pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik telah menetapkan inflasi nasional sebesar 3,72 persen, sedangkan pertumbuhan ekonomi (pertumbuhan PDB) sebesar 4,99 persen. Sehingga jika kedua komponen dijumlahkan maka nilainya menjadi 8,71 persen.

Kebijakan kenaikan UMP tersebut berlaku untuk tenaga kerja dengan gaji minimum di daerah masing-masing. Namun, bisa jadi angka ini juga menjadi patokan bagi manajemen perusahaan Anda untuk menghitung kenaikan gaji seluruh karyawan di perusahaan. Jadi, kalau Anda bertahan untuk bekerja di perusahaan yang sekarang, kemungkinan besar akan mendapat kenaikan gaji sekitar 8,7 persen. Jadi, kalau Anda adalah pegawai di kota besar yang menerima gaji pokok sekitar Rp 7 juta per bulan, maka penghasilan Anda di tahun depan bisa naik menjadi Rp 7,6 juta. Lumayan.

Kenaikan gaji karena promosi

Kalau merasa telah melakukan pekerjaan luar biasa di tahun lalu, maka Anda bisa berharap kenaikan gaji lebih tinggi dari 8 persen. Setelah evaluasi kinerja akhir tahun ini, mungkin Anda masuk daftar orang yang mendapat promosi jabatan. Jika ya, penghasilan yang Anda dapatkan di tahun depan akan melonjak. Menurut situs Strategi Manajemen, biasanya kenaikan gaji karena promosi jabatan bisa mencapai 35 persen.

Kenaikan gaji karena pindah kerja

Pindah tempat kerja adalah salah satu cara yang bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan lebih besar. Menurut perkiraan Liputan6, kisaran kenaikan gaji yang mungkin didapat seseorang yang pindah kerja sebesar 30-100 persen, tergantung keterampilan dan keahliannya. Namun, langkah pindah kerja memang penuh risiko. Anda harus meninggalkan zona nyaman di perusahaan sekarang. Anda perlu beradaptasi lagi. Selain itu, gaji besar belum tentu menjamin kebahagiaan dalam bekerja.

Intinya, untuk menjawab pertanyaan berapa seharusnya gaji Anda di tahun 2018, tergantung pada Anda sendiri? Jika Anda hanya menjalankan rutinitas kerja seperti biasa, maka terima saja kenaikan gaji sekitar 8 persen. Namun, kalau Anda bekerja lebih baik, maka Anda berhak mendapat penghargaan dengan gaji yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next