Persiapan Melamar di Perusahaan Idaman | Qerja

Ingin Melamar di Perusahaan Idaman Tahun Depan? Cek Dulu Persiapannya

Teguh Riyanto, 2 years ago
Ingin Melamar di Perusahaan Idaman Tahun Depan? Cek Dulu Persiapannya

Saat tiba masanya Anda mencari pekerjaan, apa yang akan Anda lakukan? Pusing memang bila memikirkan bahwa jumlah lapangan pekerjaan dan yang membutuhkan pekerjaan tidak sebanding. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, Anda tetap bisa berusaha meraih perusahaan idaman Anda meski berjuta orang juga ingin memasukinya. Untuk itu Anda harus mempersiapkan diri seoptimal mungkin untuk bersaing dalam kancah melamar-lamar pekerjaa n.

Dalam dunia kerja, persyaratan IPK dan asal universitas saat ini hanya menjadi pembuka saja. Banyak hal lain yang lebih dicari dan harus dipersiapkan agar diterima bekerja. Ingin Melamar di Perusahaan Idaman Tahun Depan? Yuk, Cek Dulu Persiapannya :

1. Cari Informasi Terkait Perusahaan

Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan idaman Anda tersebut atau perusahaan lainnya yang ingin Anda coba lamar. – Yang harus dicari tahu?
1. Sistem rekrutmennya (persyaratan, jadwal, alur, dll)
2. Sistem,lingkungan,atau kultur perusahaan
3. Gaji
4. Jenjang karir
5. Posisi-posisi yang memungkinkan untuk Anda

-Bagaimana cara mendapatkan informasinya?
1. Baca di web perusahaan
2. Bertanya kepada teman atau kenalan yang bekerja disana
3. Anda bisa mencoba mengajukan magang terlebih dahulu untuk mendalami perusahaan tersebut
4. Cek review perusahaan dan perkiraan gaji dari posisi yang Anda lamar di Qerja

qc-jkt-2019

Mencari pekerjaan memang sulit, tapi lebih baik Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan terlebih dahulu sebelum melamar ke perusahaan idaman Anda. Karena jika sudah diterima dan tidak sesuai, Anda akan terjebak menjalani rutinitas yang membuat Anda cepat jenuh. Carilah tempat bekerja yang membuat Anda semangat agar hidup Anda terasa lebih hidup.

2. Persiapkan Semua Persyaratan

Mulailah menyiapkan persyaratan yang harus Anda penuhi. Berkas yang paling pertama dibaca adalah CV Anda, jadi buatlah semenarik mungkin dan cantumkan hal-hal penting saja yang menggambarkan informasi yang jelas tentang Anda. Bila ada, buat portopolio hasil-hasil karya Anda. CV dan portopolio adalah dokumen paling penting yang dapat membuat pihak perusahaan tertarik agar Anda diterima ke proses selanjutnya. Pastikan dokumen Anda lengkap sesuai dengan persyaratan yang diminta perusahaan idaman Anda. Jangan sampai hanya karena dokumen tidak lengkap lalu Anda menjadi gugur di tahap awal.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next