12 Pertanyaan untuk Bos Anda di 2018 | Qerja

12 Pertanyaan untuk Bos Anda di 2018

Eka Utami, 2 years ago
12 Pertanyaan untuk Bos Anda di 2018

Berdasarkan penelitian oleh Gallop tahun 2017, secara global, ada 67 persen pekerja yang tidak memiliki rasa keterikatan dengan pekerjaan mereka. Orang-orang ini tidak mudah dikenali. Secara kasat maka mereka terlihat cukup senang tapi bekerja dengan usaha yang minimal. Biasanya mereka tidak yakin dengan apa yang harus menjadi fokus pekerjaan dan cara [engukuran kinerja.

Berdasarkan survey tersebut, hanya 15 persen dari pekerja yang dapat digolongkan bertanggung jawab penuh pada pekerjaannya. Mereka terikat secara emosional dengan pekerjaan dan mengerti tentang hal yang dilakukan akan membawa keberhasilan untuk mencapai misi perusahaan. Mereka paham atas pencapaian dan ekspektasi kinerja.

Adapun sekitar 18 persen pekerja justru dengan sengaja melepaskan diri dari keterikatan pada pekerjaan. Mereka malah bekerja dengan melawan organisasi dan menciptakan lingkungan kerja yang buruk secara aktif maupun pasif.

Jika Anda ingin mencapai target profesional di 2018, maka jadilah pekerja yang terikat dengan perusahaan, dan bertanggungjawab penuh atas pekerjaan. Untuk menjadi pemain bintang yang sesuai harapan semua manajer, Anda perlu melakukan langkah-langkah strategis. Anda bisa meminta arahan pada manajer setiap bulan, caranya dengan bertanya. Pertanyaan itu bisa Anda lontarkan setiap kali sesi evaluasi dengan manajer. Atau Anda bisa mengetuk pintu ruangannya dan meminta kesempatan bicara empat mata setidaknya sebulan sekali. Berikut daftar pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada atasan setiap bulan agar pekerjaan Anda terarah seperti disarikan dari Inc.

Januari

Pertanyaan: Sebutkan 3 sampai 5 prioritas kerja untuk saya tahun ini. Bagaimana manajemenakan menilainya? Apa dampak pekerjaan saya bagi rencana besar perusahaan di tahun 2018?

Alasan pertanyaan: Pembahasan Ini mungkin sudah didiskusikan dalam review akhir tahun. Pertanyaan ini akan menunjukkan bahwa Anda siap bekerja, dan memilki kejelasan akan ekspektasi terhadap kinerja. Jawaban dari manajer akan memastikan bahwa pekerjaan yang Anda lakukan sejalan dengan misi perusahaan.

Februari

Pertanyaan: Apa Anda punya masukan agar saya bisa melampaui target tahun ini?

Alasan pertanyaan: Target Anda untuk 2018 telah ditentukan. Kini saatnya Anda mengambil kesempatan untuk merefleksikan diri lebih jauh dalam pola pikir, perilaku dan fokus kerja. Dengan begitu pergerakan kerja Anda akan lebih terarah untuk pencapaian target.

Maret

Pertanyaan: Mendekati akhir dari kwartal pertama, apa kemajuan nyata yang telah saya lakukan? Apakah saya telah memenuhi target kinerja di 2018? Apakah ada koreksi yang diperlukan?

Alasan pertanyaan: Dengan melontarkan pertanyaan ini, maka Anda akan mengetahui perspektif atasan terhadap kemajuan Anda dalam mengejar target kinerja. Jangan berasumsi dan menganggap bahwa Anda sudah bekerja dengan baik karena tidak pernah mendapat teguran dari atasan. Anda harus memastikannya sendiri pada manajer. Anda juga perlu meminta masukan darinya agar bisa terus maju.

April

Pertanyaan: Sekarang kita sudah masuk kwartal kedua tahun ini, apakah target untuk mencapai visi perusahaan di tahun 2018 mengalami perubahan atau pergeseran? Jika iya, apakah hal itu akan berdampak terhadap target saya?

Alasan pertanyaan: Pertanyaan ini menunjukan kepedulian Anda terhadap rencana besar perusahaan dan bagaimana peranan karyawan dalam mensukseskan misi perusahaan. Anda juga akan menunjukkan jiwa kepemimpinan -dan semua manajer hebat akan menyukainya!

Mei

Pertanyaan: Menurut Anda, bagaimana pencapaian saya dibandingkan dengan rekan kerja yang lain dalam hal kepercayaan, disiplin, kerjasama dan tanggung jawab? Apakah saya bisa dibandingkan dengan anggota tim terbaik yang pernah Anda miliki?

Alasan pertanyaan: Pertanyaan ini akan mengejutkan bos Anda – secara positif. Sebenarnya, tanpa Anda bertanya, manajer bisa saja memberi masukan tentang hal ini. Mungkin selama ini manajer berhati-hati untuk membandingkan Anda dengan orang lain. Jadi, ketika Anda meminta masukan terlebih dulu, maka hal ini adalah sesuatu yang luar biasa. Anda telah menunjukkan kedewasaan dan kecerdasan emosi yang tinggi.

Juni

Pertanyaan: Memasuki paruh kedua tahun ini, apakah ada bantuan yang tersedia (psemacam pelatihan) yang menurut akan menolong saya dalam pekerjaan dan pengembangan diri?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next