Etika Menerima Telepon dan Email Pekerjaan Saat Liburan | Qerja

Etika Menerima Telepon dan Email Pekerjaan Saat Liburan

Eka Utami, 2 years ago
Etika Menerima Telepon dan Email Pekerjaan Saat Liburan

Jika bekerja selama 40 jam dalam seminggu, maka Anda berhak menikmati akhir pekan dengan tenang. Namun, bila Anda menerima panggilan telepon dan email pada hari libur, apa yang akan dilakukan? Apakah Anda mengabaikannya, menjawab dengan segera atau menunggu sampai hari kerja berikutnya?

Mungkin Anda bisa menolak dengan mudah jika orang yang menghubungi adalah rekan kerja. Namun, bila atasan yang mengirim pesan pekerjaan, Anda perlu berhati-hati untuk bersikap. Mungkin ini adalah kesempatan mendapatkan promosi untuk Anda. Berikut etika menerima telepon dan email pekerjaan dari atasan saat liburan seperti disarikan dari The Spruce.

Hal yang harus dilakukan saat atasan menghubungi pada akhir pekan atau masa liburan

Sebelum menentukan sikap, Anda perlu memahami perilaku bos terlebih dahulu. Apakah dia jarang menghubungi Anda? Apakah manajer selalu mengganggu saat akhir pekan?

Jika atasan Anda bukan orang yang sering menelepon pada akhir pekan, maka Anda bisa menanggapi panggilan teleponnya. Mungkin memang ada sesuatu hal yang sangat mendesak dan membuatnya terpaksa menghubungi Anda. Lalu, selesaikan masalah secara profesional pada saat itu juga agar tidak mengganggu sisa waktu liburan Anda.

Kalau atasan Anda selalu menelepon pada Hari Sabtu pukul 9 pagi, maka angkatlah telepon kali ini, tapi pastikan ini adalah kali terakhir. Kemudian, pada hari kerja berikutnya Anda harus membicarakannya dengan bos dan mengatakan dengan jujur bahwa Anda terganggu. Anda mungkin akan melewatkan kesempatan promosi. Namun, Anda memang perlu menjelaskan batasan pada bos demi keseimbangan kehidupan dan pekerjaan Anda sendiri. Kalau Anda terus membiarkannya, atasan akan selalu menghantui Anda di akhir pekan. Untuk menghindari gangguan lebih jauh, Anda jangan mengecek email pekerjaan saat liburan kecuali ada alasan yang sangat mendesak.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next