4 Hal yang Harus Anda Capai Pada Tahun Pertama Bekerja | Qerja

4 Hal yang Harus Anda Capai Pada Tahun Pertama Bekerja

Eka Utami, 2 years ago
4 Hal yang Harus Anda Capai Pada Tahun Pertama Bekerja

Anda yang baru melewati tahun pertama di dunia kerja pasti merasakan banyak pengalaman baru di kantor. Rutinitas kerja terkadang membosankan, tugas sulit yang seringkali menantang, dan berbagai dinamika kehidupan kantor lainnya. Lalu, apakah Anda sudah mengevaluasi pencapaian selama setahun ini? Apa yang sudah Anda lakukan? Apakah atasan sudah menyampaikan hasil evaluasi?

Ya, mungkin Anda belum mendapat promosi atau naik gaji tahun ini. Setiap orang menjalani langkah pertamanya dengan cara yang berbeda. Namun, Anda harus tetap punya standar pencapaian tahun pertama kerja. Berikut empat hal yang harus dicapai setelah setahun bekerja seperti disarikan dari The Muse.

Mengenal rekan kerja – minimal semua orang di satu departemen-

Menjelang akhir tahun pertama di kantor, Anda harus tahu nama semua kolega yang bekerja sama secara langsung. Bukan hanya kenal nama saja, tapi Anda juga harus mengetahui sedikit kepribadian dan kebiasaan kerjanya. Hal ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan tim. Anda juga akan menciptakan ikatan profesional lebih kuat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan mentor, peluang untuk terlibat tugas penting lebih banyak, dan bahkan kenaikan gaji dan promosi.

Tapi, bukan berarti Anda hanya perlu mengenal rekan kerja yang berada satu departemen saja. Anda juga harus memanfaatkan kesempatan selama setahun pertama untuk mengenal orang lain yang bekerja di kantor, seperti seseorang dari divisi lain, resepsionis, petugas kebersihan, dan bahkan tukang parkir. Berteman dengan semua orang bisa berdampak baik untuk Anda. Mereka bisa saja memberikan keuntungan yang tak terduga untuk Anda.

Menjadi penolong untuk rekan kerja

Di tahun pertama bekerja Anda perlu belajar banyak hal dan melakukan semua tugas sendiri –tentunya dengan bimbingan seseorang-. Dengan menjadi mandiri, maka Anda bisa memahami hal yang benar dan salah sehingga menjadi bahan pembelajaran di masa mendatang dan membuat Anda menjadi pekerja yang lebih baik lagi. Tapi, jangan egois. Di tengah kesibukan Anda yang sedang meletakkan dasar pijakan di kantor, Anda perlu meluangkan waktu untuk orang lain. Anda bisa menawarkan bantuan sederhana pada rekan kerja atau sesekali meggantikan teman yang harus pulang lebih dulu karena ada keperluan mendadak. Hal ini akan membuat Anda mendapat kepercayaan dari rekan-rekan. Mereka akan rela memberi bantuan pada Anda di masa depan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next