Tips Menghadapi Masa Pelatihan di Kantor Baru | Qerja

Tips Menghadapi Masa Pelatihan di Kantor Baru

Eka Utami, 3 years ago
Tips Menghadapi Masa Pelatihan di Kantor Baru

Siapa yang akan memulai hari pertama kerja di awal tahun depan? Pasti sekarang Anda sedang merasa gugup karena belum mengetahui hal apa yang akan dihadapi. Jika bekerja di perusahaan besar dengan struktur yang sudah rapi, maka hari-hari pertama Anda akan diisi dengan berbagai pelatihan strategis yang akan mengubah Anda dari pemula menjadi seorang profesional yang percaya diri dan kompeten. Begitulah idealnya.

Namun, hal yang seringkali terjadi adalah manajemen menggembleng pegawai baru dengan keras. Karyawan yang baru masuk kantor itu “dipaksa” mengerti banyak hal dengan cepat agar bisa langsung bekerja seperti pegawai senior lainnya. Apakah Anda akan bisa menghadapi hal ini atau justru terbebani stres yang berkepanjangan. Begitu tips menjalani masa pelatihan di kantor baru seperti disarikan dari The Muse.

Segera mendapatkan teman

Jika Anda kesulitan memahami materi pelatihan dan sulit menjangkau pegawai senior, maka bertanya pada teman yang –mungkin- mengerti. Anda harus bisa berteman dengan siapa saja. Jangan remehkan pengetahuan yang dimiliki teman seangkatan. Siapa tahu dia pernah mengikuti pelatihan serupa sebelumnya, atau mungkin dia pernah bekerja di perusahaan lain.

Jalinlah hubungan pertemanan dengan banyak orang. Satu orang teman mungkin akan bersedia menjawab beberapa pertanyaan Anda. Tapi, jika Anda terlalu banyak minta penjelasan, maka akan mengganggu ketenangannya juga. Kalau Anda punya banyak teman, maka Anda bisa bertanya satu hal pada seseorang, dan hal lain pada teman lainnya.

Berusaha lebih keras

Tentu, sebagian besar pegawai akan pulang dari kantor tepat pukul lima sore. Jika Anda pegawai baru yang masih dalam tahap pelatihan dan ingin segera mengerti banyak hal, maka berusahalah lebih keras. Anda bisa pulang lebih lambat dari yang lain untuk mencoba memahami hal-hal yang belum dimengerti selama di kelas pelatihan.

Sebenarnya, berusaha lebih keras tidak selalu berarti harus lebih lama tinggal di kantor. Semua tergantung bagaimana cara Anda belajar. Jika Anda bisa lebih tenang belajar di tempat lain, maka bukalah catatan pelatihan saat sampai di rumah. Anda juga bisa membuat catatan kecil untuk mengingat banyak hal yang diajarkan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next