7 Tipe Orang yang Bakal Anda Temui Saat Meeting | Qerja

7 Tipe Orang yang Bakal Anda Temui Saat Meeting

Eka Utami, 1 year ago
7 Tipe Orang yang Bakal Anda Temui Saat Meeting

Saat tergabung dalam sebuah tim kerja, kita akan sering menghadiri rapat untuk membahas ide, menyatukan gagasan, dan memecahkan masalah. Meeting bisa berjalan dengan baik jika semua peserta rapat mendukung pendapat yang sama. Tapi, setiap orang punya karakter, sudut pandang dan buah pikiran yang berbeda. Setiap orang harus bisa mengendalikan diri demi kepentingan bersama. Berikut tipe-tipe orang yang bakal Anda temui saat meeting seperti disarikan dari The Balance.

Orang yang suka memonopoli

Dia menganggap diri sebagai satu-satunya orang yang memiliki kebijakan dalam berbagai hal.  Dia yakin bahwa setiap peserta rapat ada di ruangan untuk mendengarnya berbicara. Dia lupa bahwa meeting adalah juga tempat untuk mendengar dan menghargai pendapat orang lain.

Dia akan mengoceh terus-menerus dan bertindak seolah hanya gagasannya yang paling benar daripada yang lain. Sementara peserta rapat yang seudah paham akan perilakuknya, ada yang bersikap acuh, terintimidasi atau merasa pendapat sendiri terkekang.

qc-jkt-2019

Untuk  mencegah perilaku karyawan semacam ini, pemimpin rapat harus mengingatkan setiap peserta agar berbicara sesuai porsinya. Jika waktu bicara seseorang sudah habis, maka potong saja. Kemudian, pemimpin dan peserta rapat lain harus menunjukkan minat pada gagasan yang disampaikan semua peserta.

Orang yang sinis

Dia gesit dengan menggunakan ungkapan, “tidak akan berhasil.” Dia terampil dalam hal menurunkan semangat kerja dengan pernyataan semacam: “Hal ini tidak bisa dilakukan.” Atau “Kami pernah mencobanya sekali dan gagal.” Moto hidupnya adalah: katakan saja tidak.

Pemimpin rapat harusnya bisa menantang orang-orang sinis untuk berpikir lebih positif dengan mengadopsi sudut pandang orang lain. Pemimpin rapat bisa berargumen dengan pendapat negatifnya.

Orang yang tidak berpendapat

Dia memang tidak memiliki daya analisis yang kuat. Dia bergulat dengan berbagai argumen di dalam diri, tapi tidak bisa mengambil keputusan. Biasanya, dia memang merasa takut salah, tidak setuju dengan pendapat orang lain, hanya mencatat. Ketika tiba saatnya membuat keputusan dengan cara voting, dia akan menunjuk tangan setelah melihat banyak orang yang mengacungkan jari.

Pemimpin rapat bisa mendorongnya untuk bersuara. Ingatkan bahwa setiap orang di dalam meeting harus berkontribusi dan menyampaikan gagasannya.

Penjilat

Dia terlihat seperti orang yang patuh dan selalu membungkuk pada orang yang memiliki kekuasaan lebih besar seperti atasan atau pimpinan rapat. Dia akan menunjukkan dukungan yang luar biasa pada ide yang disampaikan orang-orang yang dikaguminya. Pada akhirnya, dia melihat keuntungan diri sendiri. Dengan memberi dukungan yang tampak tulus, dia akan mendapat balasan berupa jalan karier yang mulus.

Penyerang



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next