Hal Tak Terduga yang Terjadi Setelah Anda Mengajukan Resign | Qerja

Hal Tak Terduga yang Terjadi Setelah Anda Mengajukan Resign

Eka Utami, 2 years ago
Hal Tak Terduga yang Terjadi Setelah Anda Mengajukan Resign

Pencarian kerja telah selesai. Anda telah mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan yang lebih hebat dari tempat kerja saat ini. Kini waktunya Anda memberi tahu atasan tentang rencana pengunduran diri. Setelah itu, Anda harus menjalani hari-hari dengan status sebagai karyawan yang akan segera pergi dari kantor.

Mungkin sisa hari Anda di kantor harus dijalani dengan cara yang berbeda. Ada beberapa hal yang berubah. Berikut beberapa kejadian tak terduga, mengejutkan, atau mengecewakan yang mungkin terjadi setelah informasi pengunduran diri Anda tersebar ke seluruh sudut kantor seperti disarikan dari The Muse.

Tiba-tiba, Anda merasa sangat bersemangat bekerja

Ketika Anda siap untuk meninggalkan pekerjaan, tapi belum berhasil menemukan tujuan baru, maka yang terjadi Anda merasa terjebak. Anda merasa hari-hari do kantor terasa sangat lama. Anda terpaksa harus duduk dalam pertemuan yang sama pekan demi pekan, atau menjual produk lama yang sama selama bertahun-tahun. Hal ini benar-benar normal karena motivasi kerja Anda berkurang seiring berjalannya waktu.

Tapi sesuatu yang lucu cenderung terjadi setelah Anda mendapatkan kepastian dari perusahaan lain dan secara resmi mengundurkan diri. Tiba-tiba, Anda merasakan ledakan motivasi yang mirip dengan apa yang dirasakan saat pertama kali masuk kantor dulu. Anda mau tinggal di kantor sedikit lebih lama, atau menerima tawaran untuk bekerja ekstra untuk klien untuk terakhir kalinya.

Motivasi kerja besar yang datang secara tak terduga ini disebabkan oleh keinginan Anda untuk meninggalkan catatan positif di kantor. Selain itu, Anda juga ingin meninggalkan kesan baik di antara rekan kerja. Anda tidak ingin merusak hubungan dengan mereka. Anda ingin pergi dengan cara yang terbaik.

Mendapat ucapan dari kolega yang (mungkin) tidak dikenal

Setelah kabar pengunduran diri diumumkan, kotak masuk email Anda mulai dipenuhi dengan pesan dari rekan kerja yang memberi selamat kepada atas pekerjaan baru. Beberapa orang yang mengirim ucapan itu adalah mereka yang jarang berinteraksi dengan Anda. Ada yang bilang kalau Anda telah melakukan pekerjaan hebat pada proyek tahun lalu. Sementara itu, ada pula orang yang menyatakan kekagumannya saat mendengar Anda berbicara di forum beberapa waktu lampau.

Pada saat membaca surat elektronik tersebut, Anda akan merasa betapa telah melakuka banyak hal di perusahaan. Ternyata Anda telah menyebarkan pengaruh positif dan mempunyai pengagum. Luangkan waktu untuk membaca email itu, sebisa mungkin membalas semuanya. Simpan pesan terbaik di email pribadi Anda, untuk menjadi penyemangat saat Anda sedang terpuruk di masa mendatang.

Beberapa rekan kerja menjaga jarak

Ketika galau dan merasa ingin mengundurkan diri, mungkin Anda hanya bercerita dengan satu atau dua orang teman yang sangat dekat saja. Mereka yang memahami bagaimana Anda menghadapi dilema antara tinggal atau pergi dari perusahaan. Mereka yang mungkin memberi masukan agar Anda mencari jalan keluar berupa pindah kerja.

Tapi, bagaimana dengan rekan kerja yang tidak terlalu dekat dengan Anda? Mereka adalah rekan kerja satu tim yang mungkin sering mterlibat dalam satu proyek dan beberapa kali makan siang bersama, tetapi tidak merasa dekat secara emosional. Mereka yang terkejut ketika mendengar keputusan Anda mengundurkan diri dan mendapat pekerjaan lebih baik di perusahaan lain. Biasanya, mereka merasa dikhianati, dan mungkin juga iri.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next