Agar Tim Kerja Produktif dan Bahagia | Qerja

Agar Tim Kerja Produktif dan Bahagia

Eka Utami, 2 years ago
Agar Tim Kerja Produktif dan Bahagia

Keberhasilan seorang manajer bisa dinilai dari kesuksesan tim kerja yang dipimpinnya. Jadi, para pemimpin perlu mendedikasikan waktu untuk memikirkan bagaimana cara membangun tim yang hebat. Berikut tips agar tim kerja yang Anda pimpin produktif dan tetap bahagia seperti disarikan dari ZDNet.

Mendorong anggota tim untuk menjadi provokatif

Setiap pemimpin pasti akan merasa beruntung jika mendapat staf yang ahli di bidang masing-masing. Atau, manajer bisa mengusahakan mendapat anggota tim dengan talenta yang hebat saat dengan terlibat pada seleksi karyawan baru. Tapi, buat apa punya bawahan pandai, tapi pendiam?

Maka, para pemimpin harus memberikan keleluasaan bagi anggota tim untuk berbicara. Kalau perlu, Anda mendorong bawahan untuk lebih provokatif. Jika ada seseorang yang berbeda sudut pandang dengan Anda, maka berdebatlah dengan sehat. Bahkan, dalam kondisi ekstrim, Anda bisa membiarkan anggota tim untuk mengkritik keputusan pemimpin. Justru, tim yang kaya terdiri dari orang-orang yang memberi Anda pandangan 360 derajat. Hal ini lebih baik dibandingkan Anda memiliki beberapa orang yang semuanya satu suara.

Mungkin Anda tidak akan mendapat tim yang ideal sekarang. Tapi, dengan membiarkan sikap terbuka dan jujur, beberapa waktu mendatang, Anda bisa membentuk tim idaman yang menjadi contoh untuk semua orang.

Memberikan arahan yang jelas

Pada kebanyakan kasus, pemimpin hanya menetapkan jalur atau arahan umum. Sementara staf di bawahnya dibiarkan bergerak sendiri-sendiri. Manajer jadi tidak tahu apakah bawahan sudah memahami arahan dengan benar atau tidak.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next