Hal yang Harus Dipertimbangkan Ibu Bekerja Sebelum Mengubah Karier | Qerja

Hal yang Harus Dipertimbangkan Ibu Bekerja Sebelum Mengubah Karier

Eka Utami, 2 years ago
Hal yang Harus Dipertimbangkan Ibu Bekerja Sebelum Mengubah Karier

Ketika ibu bekerja merasa bahwa perusahaan tempat kerja selama ini tidak mendukung working mom di kantor, maka ia berpikir untuk berubah. Beberapa opsi yang mungkin dipilih seorang working mom antara lain, pindah ke perusahaan lain, melakukan pekerjaan yang berbeda, atau bahkan berhenti kerja sama sekali demi mengurus rumah tangga.

Bagi working mom, keputusan mengubah karier bukanlah hal yang mudah. Anda perlu menimbang banyak hal sebelum melangkah. Berikut beberapa hal yang perlu dipikirkan terlebih dahulu oleh ibu bekerja sebelum memutuskan mengubah karier seperti disarikan dari situs Working Mom Against Guilt.

Menentukan nilai terpenting dalam kehidupan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu nilai terpenting dalam hidup Anda. Apakah Anda orang yang lebih mengutamakan karier? Apakah Anda adalah orang yang ingin mengabdikan diri pada keluarga? Apakah Anda ingin mengurus anak-anak, tapi tetap perlu pekerjaan demi aktualisasi diri dan memenuhi kebutuhan ekonomi? Jika tetap ingin bekerja sambil mengurus rumah tangga, maka yang Anda butuhkan adalah fleksibilitas.

Jika berkukuh untuk terus bekerja, maka Anda harus merelakan untuk tidak bisa mengantar jemput anak sekolah setiap hari. Tapi, Anda harus mencari perusahaan yang bisa memberi fleksibilitas dalam bekerja. Zaman sekarang, ketika teknologi sudah kian berkembang, kebanyakan perusahaan sudah tidak lagi kaku dengan menerapkan aturan kerja dari jam 9 pagi hingga pukul 5 sore. Bahkan sebagian perusahaan memberikan kemudahan working mom untuk bekerja dari rumah sekali waktu. Jadi, kalau Anda benar ingin mengubah karier, maka carilah pekerjaan atau perusahaan yang memungkinkan fleksibilitas.

Mengutamakan keluarga

Saat menjadi ibu, semua hal yang Anda lakukan didasarkan pada kepentingan keluarga. Apakah hal ini berarti Anda harus berhenti kerja? Tentu saja tidak! Jadi, sebelum mengambil keputusan mengubah karier, pertimbangkan segala hal berdasarkan kebutuhan keluarga.

Sekarang, Anda sudah mendapat pekerjaan yang nyaman dan memberikan penghasilan yang cukup untuk menopang kehidupan keluarga. Kalau sampai Anda berpindah kerja, mungkin harus berjuang lebih keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar berbagai tagihan. Namun, gaji besar yang Anda dapat sebanding dengan waktu yang harus didedikasikan untuk pekerjaan, sehingga kesempatan bersama keluarga berkurang.

Artinya, kebutuhan Anda sebenarnya tetap pada uang dan waktu untuk keluarga. Jadi, ketika dilema mengubah karier datang, Anda perlu menanyakan kembali pada atasan tentang kemungkinan bekerja lebih fleksibel. Toh, Anda masih perlu gaji dari tempat kerja yang sekarang bukan? Jika bos dan manajemen bisa mengubah kebijakan, tentunya tidak ada alasan untuk pindah kerja. Kalau perusahaan masih memertahankan aturan yang kaku, Anda bisa berpikir ulang untuk terus bertahan. Sekali lagi, keputusan akhir Anda selalu berdasarkan kepentingan keluarga.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next