Mengapa Perusahaan Perlu Mempekerjakan Kandidat Tanpa Pengalaman? | Qerja

Mengapa Perusahaan Perlu Mempekerjakan Kandidat Tanpa Pengalaman?

Eka Utami, 2 years ago
Mengapa Perusahaan Perlu Mempekerjakan Kandidat Tanpa Pengalaman?

Sebuah nasihat klasik yang sering Anda dengar tentang pencarian kerja adalah: ‘butuh pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan’. Hal ini membuat kandidat tenaga kerja yang baru lulus dari universitas merasa terbebani. Anak-anak baru di dunia kerja ini harus melawan pandangan negatif yang mungkin terbersit di benak perekrut atau pewawancara. Sebagian orang yang melakukan seleksi pegawai mungkin memandang sebelah mata kemampuan kandidat fresh graduate yang tanpa pengalaman.

Kenyataan yang menjengkelkan adalah ketika akhirnya banyak perusahaan lebih memilih kandidat berpengalaman daripada orang yang baru lulus kuliah. Kebanyakan pengusaha berpikir bahwa calon tenaga kerja yang sudah pernah bekerja di perusahaan lain tahu apa yang harus dilakukan dan tidak perlu dilatih secara intensif. Kandidat yang berpengalaman memiliki rekam jejak yang terbukti dapat melakukan peran seperti yang diiklankan.

Tapi, ada pula manajemen perusahaan yang berpikir sebaliknya. Berikut alasan mengapa perusahaan perlu mempekerjakan kandidat tanpa pengalaman seperti disarikan dari Innovation Enterprise.

Membentuk karyawan ideal

Banyak perusahaan yang menolak kandidat fresh graduate karena belum punya pengalaman. Padahal, mempekerjakan kandidat berpengalaman pun juga berisiko karena membawa “pengalaman” seperti kebiasaan buruk di kantor, politik kantor, pesimisme. Tentunya, tidak ada yang ingin kandidat seperti ini bergabung di perusahaan.

Ketika perusahaan sudah berhasil mencipatakan lingkungan kerja yang kondusif, maka tidak mau ada karyawan yang “meracuni” suasana yang ideal. Jadi, manajemen inin karyawan yang bisa dibentuk dan ditempat sehingga sesuai dengan budaya perusahaan.

Seorang karyawan yang belum berpengalaman tidak memiliki pemahaman tentang politik kantor. Mereka justru dipenuhi dengan optimisme dan semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Dengan begitu, manajer bisa lebih mudah memahat dan mempertajam kemampuan dasar yang mereka miliki. Karyawan tanpa pengalaman juga lebih mudah beradaptasi karena tidak memiliki riwayat kerja untuk referensi.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next