Perusahaan Besar atau Startup: Pilihan Mana yang Sesuai untuk Karier Anda? | Qerja

Perusahaan Besar atau Startup: Pilihan Mana yang Sesuai untuk Karier Anda?

Eka Utami, 2 years ago
Perusahaan Besar atau Startup: Pilihan Mana yang Sesuai untuk Karier Anda?

Mungkin sebagian orang pernah merasakan dilema mencari kerja yang klasik: memilih perusahaan besar atau startup. Sebenarnya Anda sendiri sudah tahu perbedaan mendasar di antara keduanya. Misalnya, perusahaan besar telah menetapkan aturan jam kerja yang tetap, sementara perusahaan startup lebih fleksibel. Selain itu, perusahaan besar menawarkan tunjangan lengkap hingga dana pensiun. Adapun perusahaan startup menawarkan fasilitas menarik seperti permainan di kantor, makanan gratis, dan kesenangan lainnya.

Tapi, ketika sampai pada pertanyaan: tempat kerja mana yang lebih baik untuk karier? Maka Anda mesti memertimbangkan dengan baik. Pikirkanlah: Startup mungkin menyediakan jam kerja yang lebih fleksibel sekarang. Namun, apakah startup akan memberi Anda kesempatan untuk naik ke posisi manajemen senior di masa mendatang? Sementara itu, perusahaan besar bisa jadi merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan pelatihan kerja secara terstruktur. Namun apakah perusahaan besar memberi Anda ruang untuk berpikir kreatif?

Jika sekarang Anda berada di persimpangan untuk memilih bekerja di perusahaan besar atau startup, maka tanyakan beberapa pertanyaan penting untuk diri sendiri. Berikut daftar pertanyaan yang disarikan dari situs The Muse yang bisa membantu mengarahkan karier Anda sekarang dan di masa mendatang.

Apakah saya sudah punya karier impian atau masih dalam tahap pertimbangan?

Kalau memilih bekerja di perusahaan startup, Anda harus siap mengerjakan banyak hal di luar tanggung jawab utama. Ketika direkrut, mungkin Anda berpikir hanya akan melakukan satu peran. Tapi, ketika berada di dalam perusahaan, Anda akan diminta mengelola tim, membuat sistem kerja, menulis panduan pelatihan, mencari dan menentukan karyawan magang, hingga mewawancarai calon pegawai. Bisa jadi Anda yang meletakkan dasar aturan untuk departemen di masa mendatang. Anda akan mendapatkan wawasan dan keterampilan baru di perusahaan startup

Hal ini karena jumlah karyawan startup belum banyak. Sementara banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Jika Anda sibuk dengan semua tugas itu setiap hari, apakah sempat memikirkan rencana dan tujuan karier untuk masa mendatang.

Sementara jika Anda bekerja di satu perusahaan besar, maka akan fokus mengerjakan satu tugas. Kalau Anda manajer, ya tugasnya mengelola. Bila Anda bertugas sebagai analis bisnis, berarti akan membuat banyak laporan. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu untuk memikirkan gagasan dan inovasi untuk pekerjaan sendiri. Mungkin Anda bisa mengusulkan cara kerja baru yang lebih efektif dan efisien. Anda bisa mempertajam keahlian yang sudah dikuasai sebelumnya.

Apa yang saya butuhkan untuk mencapai tujuan karier?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next