Lakukan Hal Ini Saat Wawancara dengan Perusahaan Startup | Qerja

Lakukan Hal Ini Saat Wawancara dengan Perusahaan Startup

Eka Utami, 2 years ago
Lakukan Hal Ini Saat Wawancara dengan Perusahaan Startup

Wawancara kerja adalah sebuah proses tanya jawab dua arah. Pewawancara sedang mencoba untuk mencari tahu apakah Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Sementara Anda sedang menilai apakah perusahaan adalah tempat yang tepat untuk bekerja selama kurang lebih 40 jam sepekan.

Namun, jika Anda mengikuti wawancara untuk sebuah perusahaan startup, ini adalah kasus khusus. Pewawancara dari perusahaan startup meneliti Anda lebih detail. Dia ingin tahun berapa banyak yang dapat Anda sumbangkan dalam dua hari, dua bulan, atau bahkan dua tahun. Dia juga ingin menyelidiki apakah Anda akan bisa menyesuaikan diri dengan staf kecil. Apakah anggota tim saat ini akan ingin duduk di samping Anda setiap hari?

Sementara Anda juga perlu mencari tahu apakah kepribadian diri cocok dengan budaya kerja perusahaan. Apakah Anda mau dibayar di bawah harga pasar? Apakah perusahaan ini akan bertahan lama dalam lima tahun? Ataukah Anda harus ancang-ancang mencari pekerjaan lagi dalam lima bulan mendatang?

Wawancara kerja Anda kali ini untuk mencari keseimbangan. Untuk mencari titik seimbang itu, berikut empat langkah yang harus Anda lakukan saat wawancara kerja dengan perusahaan startup seperti disarikan dari The Muse.

Menggunakan produk perusahaan

Produk perusahaan baru basanya inovatif, tapi belum banyak digunakan di masyarakat. Tapi, sebagai calon karyawan, Anda perlu punya wawasan tentang produk perusahaan. Apapun posisi Anda di perusahaan nanti –apakah Anda akan masuk ke tim teknik, penjualan atau pemasaran-, sebaiknya Anda menggunakan produk perusahaan sebelum wawancara kerja pertama. Dengan pengalaman mengunakan produk, Anda akan yakin jika perusahaan akan bertahan lama. Anda juga akan lebih bersemangat saat sesi tanya jawab dengan pewawancara. Lagipula, jika Anda diterima kerja nanti, maka harus memikirkan bagaimana cara meningkatkan nilai produk bagi pengguna.

Jika Anda tidak mampu membeli produk perusahaan –misalnya karena produk yang dihasilkan ditujukan untuk pengguna perusahaan dan harganya terlalu mahal-, maka lakukan penelitian. Anda bisa membaca artikel dan ulasan tentang produk perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa memahami kelebihan dan kekurangan produk dibanding dengan pesaingnya.

Ungkapkan ide



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next