Bagaimana Tipe Lingkungan Kerja yang Terbaik untuk Anda? | Qerja

Bagaimana Tipe Lingkungan Kerja yang Terbaik untuk Anda?

Eka Utami, 2 years ago
Bagaimana Tipe Lingkungan Kerja yang Terbaik untuk Anda?

Saat wawancara kerja, Anda mungkin mendapat pertanyaan tentang tipe lingkungan kerja yang terbaik untuk Anda. Pertanyaan ini terlontar dari mulut pewawancara untuk menilai apakah Anda sesuai dengan budaya kerja perusahaan. Mereka juga ingin tahu suasana kerja seperti apa yang akan membuat Anda produktif.

Beberapa faktor yang membentuk lingkungan kerja adalah ukuran perusahaan, keseimbangan kerja, gaya kepemimpinan, dan bentuk kantor. Lingkungan kerja di perusahaan dengan karyawan hanya 15 orang berbeda dengan perusahaan multinasional. Untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah riset perusahaan.

Persiapan riset lingkungan kerja perusahaan

Sumber pertama untuk riset Anda kali ini tentunya adalah situs resmi perusahaan. Situs perusahaan akan memberikan banyak informasi tentang lingkungan kerja yang diperlihatkan secara tersirat. Carilah bagian “Tentang Kami”, yang akan menyoroti etika kerja perusahaan secara keseluruhan dan terkadang memberikan informasi tentang karyawan secara individual.

Riset Anda akan lebih mudah jika mengenal seseorang di dalam perusahaan. Anda bisa menanyakan tentang budaya kerja di perusahaan. Bahkan, Anda bisa mencari tahu bagaimana reputasi perusahaan di kalangan karyawan dan mantan karyawan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan apakah akan merasa bahagia dan produktif jika bekerja di perusahaan tersebut kelak.

Tips untuk menanggapi pertanyaan wawancara tentang lingkungan kerja

Ketika ditanya tentang lingkungan kerja, Anda harus mencoba tetap bersikap netral. Pada titik ini, Anda belum benar-benar mengetahui bagaimana suasana kerja di perusahaan sebenarnya. Jangan sampai Anda mengungkapkan lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan gaya kerja Anda. Hal itu bisa menjadi jebakan untuk diri sendiri.  Lebih baik Anda menunjukkan bahwa bisa bersikap fleksibel dan beradaptasi dengan gembira di lingkungan mana pun. Jawaban itu akan “mengamankan” Anda untuk bisa melaju ke tahap perekrutan berikutnya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami