Wanita Karier Sukses Punya Karakteristik Ini. Apakah Anda Juga Memilikinya? | Qerja

Wanita Karier Sukses Punya Karakteristik Ini. Apakah Anda Juga Memilikinya?

Eka Utami, 2 years ago
Wanita Karier Sukses Punya Karakteristik Ini. Apakah Anda Juga Memilikinya?

Sebuah jajak pendapat yang pernah dilakukan Gallup dan dikutip oleh The Guardian menyebutkan bahwa sebagian besar karyawan lebih memilih pemimpin pria daripada wanita. Penjelasannya bersifat psikologis: baik karyawan pria atau wanita memandang pria sebagai pemimpin, dan wanita adalah pengikut. Jadi, kalau ada wanita yang ditunjuk sebagai pemimpin senior di kantor, maka akan mengganggu norma umum. Apakah Anda juga punya pendapat yang sama?

Jika Anda adalah wanita karier yang duduk di kursi pimpinan di perusahaan, tentu tidak mau dianggap sebagai “bos wanita yang mengerikan”. Tapi, Anda juga tidak ingin menjadi pemimpin yang lemah tanpa wibawa. Karyawan menginginkan atasan yang tampak tenang di permukaan meski menghadapi banyak masalah. Jika punya pemimpin yang mudah panik, maka rasa gelisah akan menyebar dengan cepat kepada karyawan. Hal ini akan membuat karyawan tidak fokus dalam bekerja. Untuk itu, Anda bisa berusaha menjadi pemimpin yang baik dengan belajar memiliki karakteristik wanita karier yang sukses seperti disarikan dari situs Telegraph berikut ini.

Tegas. Salah satu modal pemimpin yang sukses adalah ketegasan. Tegas bukan berarti galak. Anda harus bisa melihat sebuah masalah secara rasional, tidak emosional, dan menempatkan diri dengan tepat.

Agresivitas. Ketika pemimpin wanita dicap agresif, maka hal pertama yang terbayang adalah sebuah suasana kerja yang negatif. Pimpinan yang agresif disangka hanya suka berteriak, dan membuat anggota tim merasa takut. Padahal, bisa jadi sikap agresif menjadi konstruktif. Tentunya, jika diimbangi dengan sifat lainnya. Misalnya, seorang pemimpin bisa saja marah jika bawahannya salah, tapi kemudian memberi nasihat membangun agar karyawan bisa maju.

Empati. Ketika mampu mendengarkan dan memahami perasaan orang lain, maka itu artinya Anda punya rasa empati. Semua manusia –termasuk anggota tim Anda- punya kelemahan dan ketakutan melontarkan opini. Tentu, setiap orang memiliki masalah dan kekhawatiran jika gagasannya tidak didengar dalam rapat. Maka, pemimpin yang memiliki rasa empati harus bisa memperlakukannya dengan kelembutan. Pemimpin wanita yang sukses mampu memberi pengertian epada bawahannya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next