Wawancara Kerja dengan Pimpinan Startup? Siapkan Empat Pertanyaan Ini | Qerja

Wawancara Kerja dengan Pimpinan Startup? Siapkan Empat Pertanyaan Ini

Eka Utami, 4 months ago
Wawancara Kerja dengan Pimpinan Startup? Siapkan Empat Pertanyaan Ini

Jika dipanggil untuk menghadiri wawancara kerja dengan perusahaan startup, Anda tidak hanya  akan mendapat kesempatan untuk bertemu dengan atasan langsung, tapi juga dengan pimpinan perusahaan dan pemimpin senior lainnya. Kebanyakan kandidat mungkin akan berusaha untuk menyiapkan diri menjawab pertanyaan wawancara kerja. Namun, banyak orang yang lupa menyiapkan pertanyaan balasan di akhir sesi tanya jawab.

Kalau Anda bisa bertemu CEO atau pendiri startup saat proses perekrutan, maka jangan sampai melewatkan kesempatan bertanya.  Tujuan Anda bertemu dengan CEO atau pendiri adalah untuk memahami keseluruhan nilai, dan sasaran perusahaan. Dengan begitu, Anda akan bisa menilai apakah benar-benar ingin bergabung dengan perusahaan. Berikut pertanyaan yang harus disiapkan jika Anda bertemu dengan pendiri startup seperti disarikan dari The Muse.

Bagaimana gambaran kesuksesan perusahaan?

Pada perusahaan yang sedang berkembang, biasanya ada keputusan tak berujung yang akan mempengaruhi jalannya perusahaan dan hasilnya akhirnya. Mungkin setelah mendapat jawaban dari pendiri startup, Anda tetap belum bisa melihat masa depan perusahaan dengan jernih. Namun, Anda akan memahami arahan umum yang akan diambil pendiri perusahaan. Hal ini membuat Anda bisa memutuskan apakah Anda ingin bergabung dengan perusahaan atau tidak. Jawaban ini akan membantu Anda memutuskan apakah akan bertahan di perusahaan itu selama setahun atau lima tahun.

Misalnya, target kesuksesan mereka adalah agar segera bisa diakuisisi. Anda bisa mencoba memahami alasan mengapa perusahaan ingin segera diakuisisi. Apakah mereka akan kehabisan dana sebelum memperoleh keuntungan? Selain itu, bisa saja pendiri perusahaan menjawab bahwa gambara kesuksesan adalah perusahaan mandiri yang besar. Anda bisa melanjutkan pertanyaan tentang misi perusahaan. Lalu apakah ada masalah besar yang menghadang?

Apa risiko terbesar perusahaan?

CEO startup percaya pada perusahaan yang sedang dibangun dan dikembangkan. Tapi mereka juga sangat menyadari hambatan yang ada di jalan menuju kesuksesan. Anda bisa mencoba menggali tentang risiko terbesar perusahaan. Jawaban pertanyaan ini akan membantu Anda mengevaluasi kepastian masa depan sebuah perusahaan.

Risiko datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dengan mengetahui bahwa perusahaan melihat uang, eksekusi produk, atau pesaing sebagai hambatan terbesar dalam kesuksesan, maka Anda dapat melihat bagaimana CEO memikirkan masa depan. Misalnya, jika perusahaan melihat uang sebagai risiko terbesar, CEO kemungkinan akan lebih fokus pada jumlah pendapatan dan penggalangan dana. Di sisi lain, jika eksekusi produk merupakan risiko utama, mungkin Anda akan menemukan bahwa budaya perusahaan di bangun dari seputar tim produk. Jadi, jawaban dari pertanyaan ini dapat membantu Anda memahami apa yang terjadi di balik layar perusahaan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next