5 Tips Mengontrol Emosi di Kantor | Qerja

5 Tips Mengontrol Emosi di Kantor

Qerja, 4 years ago
5 Tips Mengontrol Emosi di Kantor

Sejak kecil, kita mungkin sudah diajari untuk mengontrol emosi, terutama saat kita berada di depan umum. Tapi terkadang, suasana kantor yang penuh dengan tekanan bisa membuat Anda sulit menahan amarah. Jika Anda merasa akan meledak, tarik nafas yang dalam dan baca tips kami untuk menghindari kejadian eksplosif di kantor. 

1. Tenangkan Diri Anda

Jika merasa amarah sudah sampai di ubun-ubun, solusi singkatnya adalah dengan menghitung perlahan-lahan dalam hati hingga angka 10. Atau langsung saja, excuse yourself. Tinggalkan situasi yang membuat Anda tersulut api emosi, dan coba jalan-jalan ringan di lingkungan yang tenang. Sepuluh menit saja dapat membantu menjernihkan pikiran dan memberi Anda waktu untuk mempertimbangkan permasalahan dari sudut pandang yang berbeda.

2. Bicarakan Baik-Baik
Oke, sekarang Anda kembali ke kantor. Level emosi Anda perlahan turun. Ini adalah saat yang tepat untuk membahas masalah yang menyulut amarah Anda tadi. Jumpai langsung pihak-pihak yang bersangkutan dan diskusikanlah dengan memfokuskan perhatian pada solusinya.

3. Salurkan Energi

Gunakan waktu selepas kerja untuk menyalurkan energi Anda dengan positif, misalnya dengan berolahraga seperti berlari atau kickboxing. Emosi Anda akan memberi Anda dorongan dan tenaga tambahan saat berolahraga sementara hormon endorphin yang dihasilkan tubuh Anda akan membantu mengurangi energi negatif.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next