Wawancara Kerja dengan Teman Sendiri? Begini Cara Menghadapinya | Qerja

Wawancara Kerja dengan Teman Sendiri? Begini Cara Menghadapinya

Eka Utami, 4 months ago
Wawancara Kerja dengan Teman Sendiri? Begini Cara Menghadapinya

Sepanjang hidup, Anda menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang. Mulai dari teman sekolah, kuliah, rekan kerja di kantor, dan orang lain yang menggeluti bidang industri yang sama. Anda mungkin memiliki hubungan dekat dengan beberapa orang sehingga pernah berbagi cerita soal kehidupan pribadi dan perjalanan karier. Suatu hari, Anda bertemu lagi dengan teman tersebut pada situasi yang berbeda: wawancara kerja. Dia bertindak sebagai pewawancara dan Anda adalah kandidat yang melamar di perusahaan tempatnya bekerja. Apakah kondisi ini membuat Anda merasa canggung?

Berdasarkan prosedur, dia perlu bertanya beberapa hal seperti: “Bagaimana Anda melihat diri Anda pada 10 tahun mendatang?” Anda pun menjawabnya sesuai dengan latihan wawancara kerja yang telah dilakukan sebelumnya. Tapi, kalian berdua sama-sama tahu bahwa jawabannya tidak kaku seperti itu karena sebenarnya Anda pernah menyampaikan hal sebenarnya saat mengobrol santai di sebuah kafe beberapa bulan silam.

Memang, situasi semacam ini sangat jarang terjadi. Tapi, jika Anda menghadapi wawancara kerja dengan teman sendiri, berikut cara menghadapinya seperti disarikan dari The Muse.

Tetap profesional

Ketika berhadapan dengan teman sendiri, Anda sulit menjaga sikap formal. Anda selalu tergoda untuk bercanda dan melontarkan lelucon seperti biasanya. Anda jadi tampak tidak profesional.

Anda harus tetap profesional. Meski Anda mengenal baik pewawancara yang ada di hadapan Anda, tetaplah bersikap hormat, penuh perhatian, dan sopan. Anda harus datang tepat waktu, berpakaian formal, dan menjaga obrolan yang baik. Bahkan jika teman Anda yang mewawancarai bersikap santai dan mulai mengajak bergosip, jangan terbawa suasana. Ajak ia kembali ke alur pembicaraan yang benar. Ingat, Anda berada di sana untuk mendapatkan pekerjaan, bukan membahas hal pribadi apalagi membicarakan orang lain.

Bicarakan hal-hal terkait wawancara

Selain menjaga hal-hal profesional, Anda harus benar-benar mendiskusikan posisi dilamar. Mungkin, pada saat memulai wawancara, Anda dan teman membicarakan hal-hal ringan seperti saat bertemu di luar ruangan. Tapi, Anda harus bisa mengubah topik pembicaraan dengan mulus. Anda perlu masuk ke inti wawancara tanpa membuatnya kaku atau canggung.  Kemudian, biarkan suasana wawancara kerja mengalir seperti biasanta: membicarakan bicarakan pengalaman, keahlian, prestasi, dan alasan mengapa Anda merasa bisa menjadi aset penting bagi perusahaan.

Diskusikan hubungan kerja dan persahabatan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next