Empat Alasan Pentingnya Kesehatan Finansial di Tempat Kerja | Qerja

Empat Alasan Pentingnya Kesehatan Finansial di Tempat Kerja

Eka Utami, 10 months ago
Empat Alasan Pentingnya Kesehatan Finansial di Tempat Kerja

Kebanyakan orang berpikir bahwa kesehatan hanya bisa dijaga dengan mengonsumsi nutrisi yang baik dan olahraga teratur. Memang, jika semua orang makan makanan sehat dan menjaga kebugaran secara teratur, maka akan menglamai kehidupan yang lebih baik. Namun, ada hal di luar kebutuhan fisik yang bisa mengganggu kesehatan: tekanan keuangan.

Masalah uang bisa membuat stres dan akhirnya menurunkan kesehatan karyawan. Inilah saatnya untuk membuka mata dan melihat hubungan antara kesehatan finansial dan kesejahteraan secara keseluruhan. Berikut beberapa alasan mengapa kesehatan finansial adalah bagian penting dari kesejahteraan karyawan seperti disarikan dari Huffington Post.

Keuangan adalah penyebab stres utama

Pekerjaan bukanlah satu-satunya hal yang membuat karyawan tertekan, uang juga bisa menjadi sumber kegelisahan yang besar. Bagi sebagian orang, uang dapat menjadi sumber stres yang konstan. Faktanya, berdasarkan sebuah laporan tahun 2015 yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA) menemukan bahwa 72 persen orang dewasa beberapa kali merasa tertekan karena uang. Sementara 22 persen responden juga mengaku mengalami tekanan finansial yang ekstrem. Bila tingkat stres sudah mencapai titik ekstrem, maka kesehatan akan terganggu.

Studi APA tersebut juga menyinggung bahwa orang-orang berpenghasilan rendah dengan tekanan finansial yang ekstrem lebih cenderung melakukan perilaku tidak sehat untuk mengatasi stres. Misalnya, mereka akan menonton TV berjam-jam, hingga minum minuman beralkohol terlalu banyak untuk mengatasi stres. Jadi, pada dasarnya stres tidak baik untuk kesehatan. Stres yang ditambah dengan tekanan finansial akan membuat kondisi kesehatan lebih buruk.

Mengelola keuangan butuh waktu

Mengelola keuangan bukan hanya membuat stres, tapi juga memakan waktu. Jika seorang karyawan tidak dapat mengendalikan kesehatan keuangan, maka akan membawa kekhawatiran ke tempat kerja. Menurut survei SHRM pada 2014, beberapa karyawan bahkan kehilangan pekerjaan karena masalah keuangan. Sementara dalam studi lain yang diterbitkan oleh Rand pada 2015 menemukan bahwa masalah keuangan, kurang tidur, dan perawatan anggota keluarga berdampak negatif dengan produktivitas kerja. Jadi, ketika karyawan khawatir tentang kesehatan finansial, maka ia akan kehilangan fokus dan menjadi kurang produktif di kantor.

Karyawan menginginkan dukungan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next