Tips Merencanakan Keuangan Masa Depan untuk Wanita Karier | Qerja

Tips Merencanakan Keuangan Masa Depan untuk Wanita Karier

Eka Utami, 2 years ago
Tips Merencanakan Keuangan Masa Depan untuk Wanita Karier

Zaman sekarang, kedudukan wanita sudah menyamai pria di berbagai bidang. Wanita telah berhasil  melakukan berbagai pekerjaan dengan sangat baik, bahkan memiliki keahlian yang lebih mumpuni dari pria.

Namun, ketika menyangkut perencanaan keuangan keluarga, wanita seringkali mengambil posisi di belakang dan membiarkan rincian perhitungan untuk ditangani oleh suami. Salah satu alasannya karena kompleksitas produk keuangan dan hitungan matematika pada perencanaan keuangan membuatnya tampak rumit dan membingungkan. Namun, wanita karier zaman sekarang harus bisa mengendalikan keuangan.

Ada dua pilar utama dalam perencanaan keuangan: perlindungan dan investasi. Berikut tips merencanakan keuangan masa depan untuk wanita karier seperti disarikan dari situs Money Control.

Perencanaan perlindungan

Wanita yang bekerja harus menjalani pekerjaan dan menghadapi tekanan di rumah. Dengan perubahan gaya hidup, maka wanita karier terancam mengalami masalah kesehatan. Untuk menutupi risiko, seorang wanita membutuhkan kesehatan dan asuransi jiwa yang memadai.

Asuransi kesehatan

Anda perlu memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga karena biaya rawat inap semakin melonjak dari tahun ke tahun. Biasanya, perusahaan sudah menyiapkan tunjangan dan asuransi untuk karyawannya. Namun, wanita karier perlu asuransi khusus untuk penyakit spesifik wanita seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker serviks, dan sebagainya. Mungkin Anda mesti mulai memikirkan membeli asuransi jenis ini dan memasukkan perhitungan premi pada perencanaan keuangan.

Asuransi jiwa

Wanita karier harus punya asuransi jiwa. Hal ini karena Anda merupakan salah satu sumber penghasilan keluarga. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada diri Anda, maka akan berdampak pada keamanan finansial dari anak-anak yang menjadi tanggunga hidup.

Perencanaan investasi

Selain memikirkan diri sendiri, wanita karier juga perlu melakukan perencanaan untuk keluarga di masa depan. Maka Anda perlu menabung dan menginvestasikan uang hasil jerih payah selama ini. Berikut perencanaan investasi yang penting untuk wanita karier.

Perencanaan masa depan anak

Setiap wanita memiliki impian untuk memberikan pendidikan yang baik dan kehidupan yang bahagia bagi anak-anak. Maka, para ibu ingin menyekolahkan anak di tempat yang terbaik pula. Namun, biaya pendidikan di zaman sekarang tidak murah. Apalagi kenaikan ongkos pendidikan semakin tinggi dari tahun ke tahun. Maka Anda perlu merencanakan masa depan anak dengan lebih baik.

Ada beberapa produk keuangan untuk pendidikan anak yang bisa dipilih. Mulai dari tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, emas, hingga reksadana. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda memiliki anak yang masih berusia batita dan ingin menyiapkan biaya untuk masuk sekolah dasar kelak. Maka Anda bisa memilih produk investasi jangka menengah yang akan cair dalam waktu sekitar lima tahun.

Perencanaan pensiun

Anda seringkali melupakan kehidupan setelah masa pensiun nanti. Anda terlalu sibuk dengan pikiran untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa sekarang saja. Padahal, Anda ingin sekali bisa menikmati hari tua dengan tenang.

Maka, sejak muda Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan masa pensiun dan biaya yang harus dikeluarkan. Jangan lupa menghitung kenaikan inflasi di masa depan. Pastikan Anda sudah punya dana jika mengalami penyakit di hari tua nanti. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami